Surunuddin : Pengisian Jabatan Lowong Diusul Usai Lebaran

HEADLINE NEWS

KENDARINEWS.COM — Mewujudkan misi menyempurnakan pengabdiaannya sebagai kepala daerah di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Bupati, H. Surunuddin Dangga kini fokus pada peningkatan kualitas dan pelayanan semua sektor. Mulai dari pendidikan, pertanian, kesehatan, pariwisata dan sejumlah potensi lainnya di daerah tersebut. Untuk mewujudkan itu, maka ia terlebih dahulu akan melakukan stabilisasi serta mengoptimalkan roda pemerintahan, khususnya pada sejumlah dinas yang kosong. Surunuddin Dangga berencana akan segera mengusulkan pengisian jabatan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lowong itu.

Selain karena alasan pensiun dari jabatannya, juga ada beberapa kepala OPD yang meninggal dunia. Beberapa pimpinan instansi yang kosong tersebut kini masih dijabat pelaksana tugas (Plt). Seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Sosial. Kendati demikian, mantan Ketua DPRD Konsel dua periode ini tidak mau gegabah. Meskipun ia telah resmi menjabat sebagai bupati dua periode, Surunuddin mengaku harus tetap memerhatikan aturan perundang-udangan yang berlaku. Itu diatur dalam undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur, walikota dan bupati, pejabat terkait larangan melakukan mutasi dan pengisian jabatan enam bulan sebelum penetapan calon. Itu juga berlaku bagi pejabat terpilih sesudah penetapan dan pelantikannya.

“Sesuai undang-undang, enam bulan setelah Pilkada baru boleh mutasi. Itupun kita harus melalui izin Mendagri. Nanti setelah lebaran kita coba usulkan pengisian jabatan yang kosong ke Mendagri. Kalau setuju maka kita tunggu enam bulan, setelah itu kita lantik,” imbuhnya. Konsel-1 tersebut menegaskan pada semua aparaturnya untuk tetap menjalankan tugas dengan baik. Surunuddin mengajak semua birokrat bersama-sama mendukung program Pembangunan yang telah dituangkan dalam visi misi diperiode keduanya itu. “Tetap bekerja dengan baik. Tak usah khawatir dengan isu-isu mutasi. Mari kita sama-sama bekerja keras untuk kemajuan daerah,” ajaknya. (b/kam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *