Gubernur Terbitkan Edaran Larangan Mudik

HEADLINE NEWS

KENDARINEWS.COM– Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi mengimbau warga untuk tidak mudik lebaran mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021 nanti. Kebijakan itu dalam rangka melindungi masyarakat dari risiko penularan Covid-19.

Dalam surat edaran (SE) nomor 443.1/1898 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang antar Kabupaten/Kota dalam rangka pengendalian covid-19, Ali Mazi dengan tegas melarang warga melakukan perjalanan keluar daerah dengan tanpa tujuan atau alasan yang jelas.

Namun, Gubernur tetap memberikan pengecualian perjalanan nonmudik seperti orang atau kendaraan pelayanan distribusi logistik, orang bekerja (perjalanan dinas), kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka keluarga meninggal, ibu hamil (didampingi 1 orang keluarga), dan kepentingan persalinan (didampingi maksimal dua orang).

“Dalam hal kepentingan nonmudik tertentu lainnya wajib memiliki surat izin perjalanan atau surat izin keluar masuk (SIKM). Pelaku perjalanan dalam periode yang dimaksud wajib memiliki versi cetak dan surat izin perjalanan tertulis atau SIKM yang dilengkapi dengan tanda tangan basah dari pimpinan atau kepala desa/lurah setempat,” kata Ali Mazi dalam surat edarannya itu, Rabu (5/5).

“Jika terjadi dalam keadaan tertentu operator transportasi dapat melayani kapasitas maksimal 50 persen dari total seat agar penerapan protokol kesehatan berjalan efektif,” tegas Ali Mazi. (c/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *