Pemilik Armada Pelayaran Gagas Pembentukan INSA


KENDARINEWS.COM— Kiprah Asosiasi Pemilik Pelayaran Nasional Indonesia atau Indonesian National Shipowners Association (INSA) telah berjalan 54 tahun. Namun hingga kini, organisasi ini belum memiliki cabang di Kota Kendari. Padahal kehadiran INSA akan sangat membantu para pelaku usaha pelayaran lokal. Atas dasar itu, sejumlah pemilik pelayaran menggagas pembentukan INSA.

Inisiator Rapat Anggota Cabang (RAC) INSA Kendari, H. Safril mengatakan pembentukan cabang INSA di daerah sangat penting. Mengingat Kendari merupakan salah satu daerah dengan eksistensi atau aktivitas pada aspek maritim sangat aktif. Pergerakan lalulintas kapal di kawasan lautan Sultra begitu sentral berperan untuk pertumbuhan ekonomi.
“INSA sebagai organisasi yang bergerak di bidang pelayaran hadir mengakomodir kepentingan para pemilik kapal. Agar beroperasi senantiasa berjalan dengan baik. Tentunya sesuai perundangan-undangan yang telah digariskan,” kata Safril ditemui di sela-sela RAC INSA di Hotel Benua Kendari, Jumat (9/4).

Misi besar pembentukan DPC INSA lanjutnya, menjadikan Sultra sebagai pusat maritim Indonesia Timur. Ditunjang kegesitan perputaran ekonomi barang dan jasa yang sangat bergairah, ia optimistis misi tersebut akan terwujud. Kehadiran peran INSA sangat penting demi pengelolaan operasional kapal berjalan lancar. Dampaknya sangat besar menstimulus perekonomian daerah.

“Salah satu yang juga menjadi menjadi perhatian kedepan, terkait penegakan hukum mesti bersifat adil dan tidak mengamputasi atau menghambat pergerakan kapal. Seperti pemeriksaan kapal mesti bersifat proporsional,” jelasnya.
Hasil RAC INSA kata dia, akan dikirim ke DPP. Nantinya, DPP akan menjadwalkan pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) termasuk pemilihan Ketua INSA. “Kami akan upayakan saat Mubes nanti, Ketua DPP INSA bisa hadir,” tandasnya. (c/ali)

MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS
PEMBENTUKAN LEMBAGA : Insiator Pembentukkan Panitia Rapat Anggota Cabang (RAC), H. Safril (duduk, kanan), foto bersama anggota RAC dalam giat Pembentukkan Panitia RAC, di Hotel Benua, Kendari, Jumat (9/4).

Tinggalkan Balasan