Denda Tunggakan Pajak Kendaraan Dihapus

KENDARINEWS.COM— Kabar gembira bagi warga yang menunggak pajak kendaraannya. Mulai tanggal 12 April, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra akan memberlakukan pembebasan denda pajak kendaraan bermotor (PKB). Pembebasan ini tak lain untuk membantu wajib pajak di tengah situasi pandemi.

Kepala Bapenda, Yusuf Mundu mengatakan payung hukum tentang pembebasan pajak tertuang dalam Surat Keputusan (SK) gubernur Sultra tertanggal 9 Maret. Ia pun berharap masyarakat memanfaatkan momen ini. Pasalnya, pembebasan denda pajak ini hanya berlangsung hingga tanggal 31 Juli.

“Alhamdulillah, usulannya telah disahkan. Mulai tanggal 12 April s.d 31 Juli, kami berikan keringanan bagi penunggak pajak kendaraan bermotor. Jika membayar pada periode itu, maka denda pajaknya akan dihapuskan, ” kata mantan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra ini kemarin.KENDA

Tidak hanya bebas denda PKB lanjut Plh Bupati Konawe Utara (Konut), pihaknya turut memberikan keringanan melalui bebas bea balik nama (BBN) kendaraan. Atas dasar itu, ia mengimbau masyarakat yang belum melunasi pajak. “BBN ini bebas untuk mutasi maupun BBN kendaraan motor kedua dan seterusnya. Selain itu, ada juga bebas pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ) untuk tahun berjalan, “jelasnya.

Pembebasan PKB sambungnya, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam menunaikan kewajibannya baik kendaraan roda dua dan empat yang menunggak pajak. “Dengan adanya program pembebasan pajak di Sultra ini akan lebih meringankan masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya. Di sisi lain, semakin banyak masyarakat yang melakukan pembayaran pajak-pajaknya, “tutupnya. (b/rah)

Tinggalkan Balasan