Sri Lestari Yakin Pertahankan Predikat Kota Sehat

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM– Ketua Forum Kota Sehat Kendari, Hj.Sri Lestari Sulkarnain optimis wilayah binaannya bisa meraih predikat Kota Sehat tahun ini. Pasalnya, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan beberapa indikator penilaian Kota Sehat.

Sri Lestari menyebut, ada tujuh indikator (tatanan) yang dinilai dalam program Kota Sehat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Tujuh indikator penilaian meliputi kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transfortasi. Selain itu, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.

“Berkat kerja sama semua pihak terkait serta dukungan Pemkot Kendari, kami yakin Kota Kendari bisa mempertahankan predikat tertinggi kota sehat tahun ini. Saat ini kita masih bekerja mempersiapkan beberapa tatanan yang akan dinilai,” kata Sri Lestari, Senin (05/04/2021).

Penghargaan kota sehat dari Kemenkes yang dilaksanakan dua tahun sekali itu terdiri dari tiga tingkatan diantaranya Swasti Saba yaitu tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda), dan pengembangan (wistara). Kota Kendari pada 2019 berhasil meraih predikat kota sehat kategori Swasti Saba Wistara. (b/ags)

Tinggalkan Balasan