Edar Sabu, Warga Koltim Ditangkap di Malik Raya

KENDARINEWS.COM — Hanya berselang kurang seminggu, Tim Opsnal Unit 2 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Sultra mengamankan warga Kolaka Timur (Koltim) di Kendari ketangkap edar Narkoba jenis sabu. Pelaku berinisial RWT (31) tercatat sebagai warga kecamatan Tirawuta. Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti sabu seberat 12,36 gram.Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh mengungkapkan pelaku ditangkap di seputaran Jalan Malik Raya, Kelurahan Korumba saat hendak menempel sabu. Saat dilakukan penangkapan, pelaku sedang memiliki, menguasai, menyediakan dan mengedarkan barang haram itu untuk dijual kepada pembelinya. “Narkotika jenis sabu tersebut diperoleh pelaku dari seorang yang tidak dikenal di kota Kendari dengan cara sistem tempel, melalui komunikasi handphone,” ungkapnya.

Selain narkoba, penyidikan mengamankan barang bukti lainnya. Diantaranya sebuah tas pinggang kulit warna coklat, 12 plastik bekas bungkusan permen kopiko, sebuah handphone serta dua buah sendok sabu terbuat dari pipet. “Lalu dua buah double tip warna hijau, delapan ball sachet plastik berukuran kecil, dua ball sachet plastik berukuran sedang dan satu alat timbangan,” rincinya.

Pengungkapan kasus ini kata Kompol Dolfi Kumaseh, berawal dari informasi masyarakat tentang adanya peredaran narkotika jenis sabu yang dilakukan oleh tersangka di lokasi tersebut. Dari hasil lidik, tim kemudian melakukan penangkapan saat pelaku hendak melakukan penempelan sabu. Setelah ditangkap, dilanjutkan penggeledahan yang disaksikan security dan karyawan sebuah supermarket. Dari hasil pengeledahan badan ditemukan satu sashet kecil berisikan narkotika jenis sabu di kantong celana belakang sebelah kanan. Kemudian ditemukan juga 17 sachet sabu siap edar di dalam tas pinggang kecil warna coklat yang berada di kantong celana depan sebelah kanan.

“Hasil interogasi bahwa narkotika jenis sabu tersebut diperoleh dari seorang di kota Kendari, dengan cara ditempelkan di suatu tempat dan pelaku diarahkan melalui komunikasi handphone,” ujar pria yang akrab dengan awak media ini. Saat ini lanjutnya, pelaku lengkap beserta barang bukti telah diamankan di Mako Ditresnarkoba Polda Sultra guna proses penyidikan lebih lanjut. Kini petugas sementara melengkapi administrasi sidik, memeriksa urine dan darah pelaku, memeriksa barang bukti narkotika di Labfor dan akan melakukan gelar perkara. “Pelaku disangkakan melanggar pasal 114 ayat (2) subsider pasal 112 ayat (2) undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” pungkasnya. (b/ndi)

Tinggalkan Balasan