Kebun Raya Digagas Jadi Lokasi Balap Sepeda Gunung

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Mountain bike atau balap sepeda gunung memiliki potensi untuk dikembang di Kota Lulo. Selain didukung komunitas sepeda downhill, terdapat beberapa spot menarik yang bisa dijadikan track olahraga tersebut. Salah satunya di Kebun Raya Kendari. Atas dasar itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menawarkan Kebun Raya dijadikan track mountain bike

“Saya menawarkan teman-teman untuk mencek (Kebun Raya Kendari) apakah memenuhi syarat atau tidak. Tapi secara pengamatan, itu sangat menarik untuk kita jadikan track downhill. Tapi kalau ada lokasi lain yang dianggap memenuhi syarat dijadikan track oleh teman-teman silahkan dilaporkan untuk kita tinjau,” kata Sulkarnain Kadir usai membuka Latber Lite Downhill di Dolken Bike Park Tipulu.

Gagasan ini kata Ketua Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sultra, merespon permintaan pengadaan track balap sepeda downhill oleh komunitas sepeda gunung Sultra. Di sisi lain, rencana ini menindaklanjuti instruksi Ketua Umum Pengurus Besar (PB) ISSI Pusat, Raja Sapta Okto Hari yang meminta pihaknya menfasilitasi olahraga sepeda di Sultra termasuk pengadaan venue (track). “Mudah-mudahan ada pililhan track supaya bisa bervariasi. Saat ini, sementara dilaksanakan (track) di Tipulu. Saya sudah instruksikan kepada camat dan lurah untuk berkoordinasi kepada pemilik lahan ketika hendak digunakan. Semoga kita punya track secepatnya supaya bisa digunakan latihan oleh teman-teman komunitas sepeda downhill,” kata Sulkarnain.

Ketua Komunitas Sepeda Gunung Downhill Sultra, Haris menyambut baik ide Wali Kota menjadikan Kebun Raya Kendari sebagai salah satu trach balap sepeda downhil di Sultra. Menurutnya, kebijakan itu sangat tepat mengingat saat ini track yang digunakan (Dolken Bike Park) di Tipulu masih berdiri di atas lahan warga. “Kami harap diberikan fasilitas (track) agar teman-teman (atlit) bisa latihan secara rutin. Apalagi pecinta olahraga sepeda gunung di Sultra cukup banyak ada di Kolaka, Kolaka Utara, Bombana, Konawe, Konawe Selatan dan Kota Kendari. Bahkan dari Luwu Timur (Sulawesi Selatan) sering berkunjung kesini (Dolken Bike Park). Semoga (track baru) bisa cepat terwujud,” kata Haris. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *