Tower Balai Kota Kendari Terbagi Dua Bagian, Lantai 7-9 jadi Area Parkir

HEADLINE NEWS

KENDARINEWS.COM — Gedung Balai Kota benar-benar memudahkan Aparatur Sipil Negara dan masyarakat metro. Selain menjadi pusat pelayanan, gedung senilai Rp 250 miliar ini akan didukung fasilitas memadai. Tower setinggi 9 lantai itu terdiri dari dua bagian. Lantai 1 – 6 digagas menjadi Mall Pelayananan. Sementara lantai 7 – 9 diperuntukkan untuk area parkir. Hadirnya area parkir di Balai Kota diharapkan bisa mengatasi masalah parkir liar di Kota Lulo.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku sengaja menghadirkan area parkir di Tower Balai Kota untuk mengatasi masalah parkir liar di Kendari. Saat ini, banyak masukan dan sorotan soal penanganan parkir khususnya di kawasan Jalan Abunawas dan Jalan Balai Kota Kendari. Pengerjaan Tower Balai Kota Kendari direncanakan tahun depan. Pembangunannya masuk tahap ketiga dari keseluruhan proyek Balai Kota.

Area parkir Gedung Balai Kota lanjutnya, nantinya bisa menampung ribuan kendaraan aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat yang datang berurusan di Mall Pelayanan Balai Kota Kendari. “Doakan mudah-mudahan Kantor Wali Kota (Balai Kota) cepat terbangun. Kalau selesai itu, daya tampungnya cukup untuk menampung seluruh kendaraan yang selama ini menggunakan bahu jalan,” kata Sulkarnain Kadir.

Oleh karena itu, ia meminta warga yang masih mengeluhkan parkir liar di kawasan Balai Kota untuk sementara bersabar. Pasalnya, pihaknya masih mengebut pengerjaan Balai Kota Kendari, “Kan tidak mudah mencari solusi. Ya saya lihat juga tidak parah-parah amat (parkir liar) di Jalan Balai Kota. Masih bisa ditangani oleh petugas di lapangan.

Selain area parker, tower Balai Kota Kendari juga terdapat mall pelayanan yang dibangun dengan konsep One Stop Service. Maksudnya, masyarakat yang hendak mengurus administrsi dan perizinan cukup datang disatu titik itu (mall pelayanan). “Nanti disana bisa ngurus e-KTP, izin usaha, PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), bisa mengurus SIM, bisa ngopi juga, kita juga minta BPN (Badan Pertanahan Negara) buka counter di sana sehingga orang bisa datang satu titik,” kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)

Tower Balai Kota
Total Anggaran Rp 133 Miliar
Sumber Dana APBD Kendari
Skema Pembiayaan Multiyears

Konstruksi Gedung Sembilan Lantai
Lantai 1-6 Mall Pelayanan
Lantai 7-9 Area Parkir Kendaraan

Tower Balai Kota : Planning Tower Balai Kota Kendari. Proyek ini menelan anggaran sebesar Rp 133 miliar. Tower setinggi 9 lantai itu terdiri dari dua bagian. Lantai 1 – 6 digagas menjadi Mall Pelayananan. Sementara lantai 7 – 9 diperuntukkan untuk area parkir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *