Sesar Buton Aktif, Gempa Bumi Tektonik Guncang Raha

KENDARINEWS.COM — Gempa Bumi tentonik terjadi Di wilayah Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) Selasa, 08 Desember 2020, pukul 20:57 Wita. Hasil analisa BMKG menunjukkan informasi gempabumi ini berkekuatan 3.2 Magnetudo. Episenter gempa terletak pada koordinat 4.68 LS, 122.67 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 17.9 km, Barat Laut Raha kedalaman 5 km.

“Jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Buton Segmen A di Barat Laut Raha,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Raha dengan Intensitas III MMI (Getaran dirasakan oleh banyak orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.).Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Warga keluar rumah akibat gempa di Raha.

Hingga pukul 21.20 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.”Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG,” tutup Rosa. (KN)

Tinggalkan Balasan