Wali Kota Kendari : Industri Terpadu-KNP akan Serap Ribuan Pekerja

HEADLINE NEWS

KENDARINEWS.COM — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir bertekad menghadirkan kesempatan kerja bagi seluruh warga metro. Untuk itulah, ia mendorong pengembangan kawasan industri terpadu di Bungkutoko dan Abeli. Sebagai langkah awal, Pemkot akan menyiapkan lahan sekitar 2 ribu hektar. Pembangunan kawasan industri mulai dibangun tahun 2021 mendatang. Jika terealisasi, kawasan industri ini akan membuka peluang kerja baru. Pasalnya, akan banyak investor yang masuk dan menanamkan investasi. “Bungkutoko – Abeli kami harapkan jadi kawasan yang menopang perekonomian Sultra. Kawasan industri ini mudah-mudahan bisa dirasakan dimanfaatnya bagi masyarakat Kota Kendari dan Sultra. Ribuan tenaga kerja bisa terserap dalam kawasan industri ini,” kata Sulkarnain.

Pembangunan kawasan industri terpadu telah mendapat restu pemerintah pusat maupun Presiden RI, Joko Widodo. Dalam proses pengembangan kawasan ini, pemerintah bakal menggandeng swasta atau investor. “Untuk investasi pembanguman kawasan industri ini kalau dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) tentu kecil, kami harapkan sektor swasta yang lebih banyak menggerakkan ekonomi kita,” kata Sulkarnain.

Bukan hanya kawasan industri di Bungkutoko-Abeli, kehadiran Kendari New Park juga membuka peluang kerja baru bagi masyarakat Kota Kendari. Rencananya, pusat perbelanjaan modern yang terintegrasi dengan taman bermain anak ini akan diresmikan pada tahun depan. “Untuk Kendari New Park, bisa terserap sekitar 2.000 tenaga kerja lokal. Itu baru satu (Kendari New Park), masih ada 2 investor lagi yang bakal masuk,” tambahnya.

Tahun ini, peluang menghadirkan lapangan kerja masih kecil. Kondisi pandemi membuat program kerja pemerintah tak berjalan maksimal. Namun demikian, pihaknya tetap mematangkan dan membuka peluang sejumlah kerja sama investasi. “Syaratnya (izin) kami akan permudah. Tapi saya sebelum menandatangani izinnya saya syaratkan bahwa minimal 80 persen karyawannya harus dari Kota Kendari. Karena itu bentuk tanggungjawab kami memberikan lapangan kerja bagi masyarakat. Selain itu saya minta sebanyak 20 persen pengusaha lokal juga dilibatkan dalam usaha mereka,” ujarnya. (b/ags)

Kendari New Park (KNP)
Diperkirakan Butuh 2 Ribu Pekerja
Investor Diwajibkan Prioritas Pekerja Lokal (80 Persen)
Termasuk 20 Persen Pengusaha Lokal (Pusat Perbelanjaan)

Kawasan Industri Terpadu Bungkutoko-Abeli
Pembangunannya Dimulai Tahun 2021
Pemkot Siapkan 2 Ribu Hektar Lahan
Bakal Menarik Banyak Investor
Buka Peluang Kerja Baru

Tinggalkan Balasan