Berminat Daftar jadi Abdi Negara lagi, Begini Cara Download Sertifikat SKD CPNS 2023 Jika Nilainya Ingin Digunakan untuk Periode 2024

KENDARINEWS.COM–Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut nilai Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2023 bisa dipakai pada seleksi CPNS tahun 2024. Bagaimana caranya?

Caranya adalah mendownload sertifikat tes SKD 2023. Langkah-langkahnya terbilang mudah.

Sertifikat hasil SKD ini bisa dicetak bagi seluruh peserta CPNS 2023. Baik peserta yang lolos nilai ambang batas maupun tidak.

Berikut ini cara downloadnya:

Buka laman https://sertificat.bkn.go.id/
Masukkan NIK sesuai KTP
Masukkan Nomor Peserta
Pilih tipe seleksi dan masukkan Calon Pegawai Negeri Sipil
Terakhir, klik Unduh.

Jika telah melakukan langkah itu, maka bakal muncul hasil SKD. Sesuai data peserta yang dimasukkan.

Jika ragu dengan keaslian sertifikat SKD CPNS. Caranya mudah untuk memastikan keasliannya.

Jika menggunakan telepon genggam andorid, bisa mengunduh melalui aplikasi Validator SertifiCAT di Google Play Store. Aplikasin itu bisa digunakan untuk mengecek apakah sertifikatnya asli atau tidak

Diketahui, tahun lalu, seperti tahun sebelumnya, SKD terbagi menjadi tiga, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Nilai ambang batas diberlakukan pada pelamar kebutuhan umum maupun kebutuhan khusus.

Untuk pelamar kebutuhan umum, tahun 2024 nilai kumulatif tertinggi adalah 550. TWK yang terdiri dari 30 soal memiliki nilai ambang batas 65. Sementara TIU dengan 35 butir soal memiliki nilai ambang batas 80. Sedangkan nilai ambang batas TKP yang terdiri atas 45 soal yakni sebesar 166.

Materi soal TIU dan TWK bobot jawaban benar bernilai 5. Namun jika salah atau tidak menjawab, akan bernilai nol. Sedangkan materi TKP, jawaban benar bobot nilainya paling rendah yakni 1, dan paling tinggi 5. Jika peserta tidak menjawab soal TKP, nilainya adalah nol. (Arya/Fajar/kn)

Tinggalkan Balasan