DPM-PTSP Bertabur Prestasi, Ini Kata Parinringi

KENDARINEWS.COM—Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sultra dibawah kendali Parinringi patut diacungi jempol.

Berbagai penghargaan diraih mulai tingkat lokal nasional hingga internasional.

Baru-baru ini, DPM-PTSP meraih peringkat pertama sebagai perencana terbaik kategori tepat waktu, keselarasan dengan perencanaan pembangunan daerah dan capaian kinerja di lingkup Pemprov Sultra.

Kepala DPM-PTSP Sultra, Parinringi, mengatakan, penghargaan yang diraih ini tidak boleh dijadikan untuk berpuas diri, tetapi harus menjadi motivasi agar biasa majadi lebih baik lagi dari tahun ke tahun.

“Apa yang kita raih ini merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan, bagaimana tidak kita jadi peringkat pertama diantara OPD yang ada di lingkup Pemprov Sultra. Namun penghargaan ini jangan hanya dijadikan sebagai pajangan saja, namun kita harus terjemahkan menjadi kerja-kerja nyata,” ujarnya

Penghargaan yang diraih ini juga tidak akan pernah didapatkan tanpa sebuah tim yang solid dan mampu bekerjasama dengan baik. Karena tanpa tim yang solid maka apapun yang digagas tidak akan bisa diwujudkan.

“Untuk menjadi seorang pemimpin atau leader yang sukses dalam membangun sebuah instansi agar bisa berprestasi itu dibutuhkan tim yang solid dan mampu bekerja keras. Karena jika tidak maka kesuksesan itu akan menjadi sebuah angan-angan.

Dan satu juga yang tidak kalah penting bahwa antara pimpinan dan bawahannya harus memiliki pemikiran yang visioner, karena jika salah satunya tidak memiliki maka visi dan misi yang bagus pun hanya akan jadi mimpi,” paparnya.

Ditahun sebelumnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulawesi Tenggara (Sultra) juga menerima penghargaan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Pusat (LAKIP) Tahun 2023.

DPMPTSP mendapat peringkat pertama terbaik dari 42 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dievaluasi Tahun 2023.

Pengharagaan ini diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara,  Andap Budhi Revianto, dan diterima oleh Sekretaris DPM-PTSP, Joni Fajar dalam Rapat Kerja dan Refksi 2023 Serta Deklarasi Resolusi 2024 yang berlangsung di Sahid Azizah Syariah Hotel Kendari, Jumat (22/12).

Dalam penilaian ini dilaksanakan berdasarkan pada lima komponen besar manajemen kinerja, yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja dan capaian kinerja.

Dari kelima komponen dasar tersebut perencanaan kinerja merupakan bobot tertinggi yang meliputi dokumen Renstra, rencana kinerja tahunan, dan penetapan kinerja.

“Penghargaan ini diharapkan mampu mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih atau good governance dan clean governance melalui kebijakan penerapan manajemen pemerintahaan yang berbasis kinerja,” kata Kepala DPM-PTSP Sultra, Parinringi.

Ditingkat nasionak nama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) juga tak diragukan. Lembaga yang dipimpin Parinringi itu meraih penghargaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Satuan Dekonsentrasi terbaik kedua secara nasional. Prestasi gemilang ini diukir di tengah persaingan ketat dengan 134 Satuan Kerja (Satker) se-Indonesia.

Kepala DPMPTSP Sultra, Parinringi mengatakan, kegiatan dekonsentrasi gubernur sebagai wakil pemerintah pusat yang pendanaannya dianggarkan melalui APBN Kementerian Dalam Negeri salah satunya digunakan untuk melakukan “Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota terkait Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Nonperizinan” yang pelaksanaanya dilakukan oleh DPMPTSP Sultra.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk pengakuan atas pencapaian luar biasa dalam implementasi anggaran, sebab DPM PTSP Sultra meraih skor luar biasa, yang mencapai 96,57.

Walaupun berdasarkan hasil penilaian IKPA 2023, DPM PTSP meraih skor akhir 96,57 dan menjadi Satker Dekonsentrasi dengan nilai IKPA terbaik kedua, saya berharap kedepan kita bisa lebih konsisten untuk menjaga kualitas IKPA baik dari sisi kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran,”ujar Parinringi.

Pencapaian ini bukan hanya sekadar prestasi organisasi, tetapi juga mencerminkan komitmen DPMPTSP Sultra dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Juga memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha yang berinvestasi di Sultra,” jelasnya.

Katanya, penghargaan IKPA sebagai Satuan Dekonsentrasi terbaik kedua se Indonesia menjadi motivasi besar bagi DPMPTSP Sultra untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas kerja. Dengan semangat ini, diharapkan prestasi yang diraih akan menjadi landasan untuk meraih capaian lebih besar di masa depan.

“Harapannya dengan memperoleh penghargaan IKPA terbaik ke – 2 se Indonesia kedepannya dapat memotivasi kinerja pengelola keuangan DPMPTSP Sultra sehingga dapat menjadi lebih baik lagi. Diharapkan Satker daerah mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Pusat,”pungkasnya (Kn/adv)

Tinggalkan Balasan