Waspada! Letusan Gunung Ruang di Sulut Picu Bahaya Gas Beracun ke Sultra

KENDARINEWS.COM — Masyarakat Sulawesi Tenggara diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak sebaran sulfur dioksida (SO2) akibat letusan Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara. Informasi dari Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG) Sulawesi Tenggara menyoroti bahaya polutan tersebut yang telah mencapai wilayah Sulawesi Tengah.

Menurut MKG Sultra, berdasarkan peta sebaran polutan sulfur dioksida tanggal 22 April 2024, wilayah Sulawesi Tenggara tercatat dalam kategori 100 – 200 mg/m2. Ini menjadi perhatian serius mengingat tingkat konsentrasi yang tinggi dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

Letusan Gunung Ruang pada Selasa malam (16/4/2024) telah menyebabkan sejumlah efek negatif, termasuk penyebaran material vulkanik seperti lahar panas dan abu vulkanik, serta aktivitas kegempaan dan tsunami di sekitarnya. Tak hanya itu, gas beracun seperti sulfur dioksida juga dilepaskan ke atmosfer.

Sulfur dioksida (SO2), yang merupakan hasil dari erupsi gunung berapi, memiliki efek yang merugikan bagi kesehatan manusia. Dalam hal ini, pola angin di Sulawesi Tengah, terutama yang bertiup dari Timur Laut – Timur sejak tanggal 20 April 2024, telah membawa gas beracun tersebut ke beberapa wilayah di Sulawesi Tenggah.

Tinggalkan Balasan