Momen HPN, Pj Gubernur : Memperingati Peran Pers dalam Membangun Bangsa

KENDARINEWS.COM–Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap 9 Februari yang juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia. Lebih dari sekadar menyampaikan informasi, pers dianggap memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk opini publik dan membangun kesadaran masyarakat.

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengatakan, sejak awal berdirinya, pers telah menjadi bagian integral dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dengan membawa misi untuk menyebarkan informasi dan mencerahkan masyarakat, pers bukan hanya menjadi penyalur berita, tetapi juga menjadi agen pembangunan bangsa. Pers menjadi salah satu pilar utama dalam membangun fondasi bangsa Indonesia.

“Bagi saya, pers bukan hanya berperan mewartakan informasi, pers memiliki fungsi untuk mengedukasi masyarakat, mengabarkan pencerahan bagi publik. Bahkan, pers sejak awal mula berdirinya, membawa misi dan menjadi bagian dari perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia,”kata Andap, Jumat (9/2/2023).

Dalam menjalankan perannya, pers tidak hanya menyajikan informasi, hiburan, dan melakukan kontrol sosial, tetapi juga memiliki fungsi edukasi dan ekonomi sesuai dengan peraturan yang diatur dalam Undang-Undang Pers. Pers juga memainkan peran vital dalam menangkal hoaks dan menyatukan bangsa.

“Pers menjadi salah satu pilar pembangunan bangsa. Insan Pers harus tetap menjaga marwahnya dalam menjalankan fungsinya. Pers memiliki peranan penting dalam menangkal hoaks dan menjadi wadah perekat dan pemersatu bangsa,”ujar Mantan Kapolda Sultra itu.

Tema Hari Pers Nasional tahun ini, “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa,” sangat relevan dengan situasi politik dan sosial saat ini. Di tengah pemilihan umum, pers memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan proses demokrasi berlangsung dengan jujur dan adil.

Hal ini memerlukan keterlibatan aktif dari seluruh insan pers, termasuk mereka yang bertugas di berbagai daerah di Indonesia, seperti Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Selamat Hari Pers Nasional 2024, sungguh saya berharap besar kepada seluruh Insan Pers, khususnya yang bertugas di Sulawesi Tenggara agar menjadi bagian dari perjuangan untuk mengawal pesta demokrasi yang jujur dan adil,”harapnya.

Pj Gubernur Sultra mengapresiasi kontribusi insan pers dalam memajukan kesejahteraan rakyat di wilayah tersebut. Dalam upaya membangun Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur, peran media sangatlah vital.

“Oleh karena itu, pada Hari Pers Nasional 2024 ini, mari kita bersama-sama menghargai dan mendukung peran penting pers dalam membangun bangsa,”ucapnya.

Terima kasih untuk seluruh Insan Pers, khususnya yang mengabdikan diri di Provinsi Sulawesi Tenggara.Terima kasih atas sumbangsih dalam perjuangannya untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat di Bumi Anoa.

“Selamat Hari Pers Nasional 2024, saatnya Insan Pers kembali menorehkan diri sebagai Pejuang yang terlibat aktif melalui karya media untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,”pungkasnya. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan