Disdukcapil Wakatobi Getol ‘Buru’ Warga tak Ber-KTP

KENDARINEWS.COM–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Wakatobi sibuk melakukan perekaman E-KTP bagi warga yang belum memiliki kartu identitas tersebut.

Selain warga, Disdukcapil juga menargetkan 3.800 pemilih pemula yang belum kantongi Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

Untuk mengantisipasi hal itu, Dinas Dukcapil Wakatobi membuka pelayanan di pulau-pulau. Seperti di Binongko, Tomia dan Kaledupa.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Wakatobi, Condo menjelaskan, jelang pencoblosan pihaknya berharap masyarakat yang sudah cukup umur bisa melalukan pengurusan KTP-el. Selain menyasar sekolah-sekolah, pihaknya membuka pelayanan keliling  dengan mempersiapkan stok blanko yang cukup.

“Kita buka pelayanan di pulau-pulau. Alhamdulillah stok blanko sampai sekarang masih aman. Dan kita harapkan pemilih pemula memanfaatkan kesempatan ini,” ujarnya.

Alhasil, tidak sedikit siswa yang sudah berusia 17 tahun menyambangi lokasi pelayanan yang dilakukan di kantor kecamatan setempat. Begitupun di kantor di pulau Wangi-Wangi, pihaknya tetap membuka pelayanan seperti biasanya. Apalagi pada saat membuka pelayanan di sekolah sebelumnya, banyak siswa yang justru abai dengan hal ini. 

“Kalau sebelumnya kita turun ke sekolah yang mana jumlah pemilih pemula di sekolah tersebut capai ratusan orang, yang merekam kadang hanya delapan orang. Sementara yang datang ke kantor juga tidak banyak. Jadi, kita memang targetkan pelayanan keliling begini,” pungkasnya. (thy/kn)

Tinggalkan Balasan