Angka Inflasi Sultra Terendah Dalam Tiga Tahun Terakhir, Pj Gubernur Andap: Terima Kasih Semua Pihak yang Berkontribusi

KENDARINEWS.COM-Angka inflasi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menunjukkan tren penurunan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis awal Februari 2024, angka inflasi Sultra (yoy) turun menjadi 2,46% atau dibawah angka inflasi nasional yakni 2,57%. Angka ini merupakan yang terendah selama 3 tahun terakhir, sejak Agustus 2021.

Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi, bekerja sama dan berperan aktif dalam pengendalian inflasi di Sultra.

“Saya apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah berkontribusi dalam menurunkan inflasi di Sultra,” ungkap Andap Budhi Revianto dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/2/2024).

Pada Oktober 2023 lalu, saat Kunker Mendagri ke Sultra, angka inflasi berada pada peringkat ke-2 tertinggi se-Indonesia. “Alhamdulillah, saat ini inflasi dapat dikendalikan bahkan di bawah angka inflasi nasional,” ujarnya.

Andap menyampaikan, tahun 2024 ini, terdapat penambahan 2 kabupaten yang dinilai angka inflasinya oleh BPS yakni Kabupaten Konawe dan Kolaka.

Andap menambahkan, terdapat beberapa komoditas penyumbang inflasi di Sultra yakni tomat, rokok kretek mesin, bawang merah, beras dan sayur kangkung.

“Terhadap 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Tenggara, Saya tekankan pentingnya langkah-langkah intervensi, tetap waspada dan laksanakan langkah-langkah antisipatif guna menjaga stabilitas ekonomi di Sultra,” pungkasnya. (KN)

Tinggalkan Balasan