Politeknik Bina Husada Tempat Kuliah Murah, Alumni Siap Kerja

KENDARINEWS.COM–Politeknik Bina Husada tempat kuliah murah namun berkompeten. Alumni Politeknik Bina Husada Kendari mampu bersaing dengan perguruan tinggi kesehatan lain, dan lebih penting jebolan Politeknik Bina Husada dibekali kemampuan ungguk dan siap kerja.

Direktur Politeknik Bina Husada Kendari, Muhammad Azdar Setiawan mengungkapkan, salah satu keunggulan kuliah di Politeknik Bina Husada Kendari yakni karena biaya kuliah yang murah jika dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Image yang berkembang di masyarakat itu adalah bahwa kalau masuk di Perguruan Tinggi basic kesehatan itu biasannya mahal. Tapi di Politeknik Bina Husada Kendari kami berusaha mengubah konsep atau cara pandang masyarakat dengan menjawab tantangan biaya kuliah murah. Dari segi biaya kita kompetitif, jauh lebih murah,” ungkap Azdar dalam Podcast Kendari Pos yang dipandu Redaktur Kendari Pos, Ramadan, Kemarin.

Selain karena tarif kuliah yang murah, keunggulan lainnya yang dimiliki Politeknik Bina Husada Kendari yakni hadirnya beberap prodi unggulan seperti prodi DIII Farmasi, DIII Teknologi Laboratorium Medis dan DIII Kesehatan, Prodi DIV Akuntasi Perpajakan dan Prodi DIV teknologi Laboratorium Medis.

“Kedepan kita akan terus membuka beberapa prodi yang tentunya baik untuk masyarakat baik itu yang sifatnya eksakta maupun sosial. Politeknik Bina Husada Kendari, tidak berhenti sampai Prodi DIV, tapi kita juga akan buka Prodi Magister terapan, dan Prodi S3  atau doktor terapan,” ungkap Azdar.

Disisi lain, Azdar memastikan alumni Politeknik Bina Husada Kendari mudah mendapatkan pekerjaan. Hal tersebut didukung dengan terbentuknya Lembaga Pusat Karir Politeknik Bina Husada Kendari.

Lembaga ini, kata Azdar bertujuan untuk melacak dan menjembatani alumni untuk memperoleh pekerjaan.

“Pada Lembaga Pusat Karir, para mahasiswa diberikan pelatihan yang sifatnya untuk pengembangan soft skill termasuk kewirausahaan. Mereka diajarkan bagaimana sih membuka usaha, kemudian bagaimana cara memperoleh mencari kerja, bagaimana cara mengikuti test wawancara kerja, dan sebagainya,” kata Azdar.

“Pada Lembaga Pusat Karir kita juga menggelar job fair dengan mengundang beberapa mitra. Nanti anak-anak bisa berdiskusi atau datang ke booth mitra kerja,” sambungnya.

Azdar menambahkan, beberapa keunggulan lain yang dimiliki Politeknik Bina Husada Kendari yakni menjadi salah satu perguruan tinggi vokasi yang sifatnya terapan. Artinya bisa diklasifikasikan sebanyak  70 persen dari struktur kurikulumnya adalah praktek dan 30 persen adalah teori.

“Atas dasar ini, mahasiswa Politeknik Bina Husada Kendari sudah  siap kerja. Intinya kami terus mencoba untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, terampil dan profesional sesuai dengan visi kami. Dan untuk mewujudkan itu semua tentu pengembangan harus direncanakan dengan sebaik mungkin,” kata Azdar.

Pada kesempatan yang sama, salah satu lulusan terbaik Politeknik Bina Husada Kendari, Jingga Listanti mengaku sangat bangga menjadi alumni Politeknik Bina Husada Kendari.

Menurutnya, kuliah di Politeknik Bina Husada Kendari membantu mahasiswa dalam peningkatan soft skill termasuk kewirausahaan.

“Saya rasa kampus Politeknik Bina Husada Kendari sudah luar biasa memberikan kami fasilitas yang terbaik. Dosen pengajarnya sangat kompeten sehingga mahasiswa bisa bertambah wawasan dan pengetahuan termasuk meningkat skillnya. Semoga  Politeknik bisa mempertahankan apa yang diberikan kepada mahasiswa maupun alumni,” pungkasnya. (ags)

Tinggalkan Balasan