Komitmen di Bidang Pendidikan, Bupati Ruksamin Terima Penghargaan Dwija Praja Nugraha

KENDARINEWS.COM–Bupati Konawe Utara, Dr. Ruksamin kembali menyematkan namanya dipentas nasional. Dedikasi dan komitmennya dalam pembangunan kualitas pendidikan dan kesejahteraan guru di Konawe Utara mendapatkan apresiasi. Jejak digital yang disemaikan Ruksamin pun diganjar penghargaan Dwija Praja Nugraha (DPN) dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Seremoni penyematan penghargaan ini diberikan langsung Ketua Umum Pengurus Besar (PBPGRI), Unifah Rosyidi bertepatan dengan puncak HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023. Penyerahan piagam disaksikan Presiden RI, Joko Widodo, Menteri Pendidikan RI Nadiem Makarim, Menteri PMK, Muhadjir Effendy, Kapolri, Panglima TNI dan Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono yang berlangsung di Britama Arena, Mahaka Square Jl. Raya Kelapa Nias Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (25/11/2023).

Bupati Konawe Utara, Ruksamin sangat bersyukur menerima penghargaan Dwija Praja Nugraha dari PB PGRI. Menurutnya hal ini akan menjadi motivasi beserta jajaran untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Konawe Utara

“Alhamdulillah, saya mengucapkan terima kasih kepada Allah Swt karena mendapatkan ini, tentunya akan semakin memotivasi kami untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Konut,”ungkapnya

Ruksamin berkomitmen, untuk terus memprioritaskan sektor pendidikan agar kualitas pendidikan baik bagi pengajar maupun para pelajar di Kabupaten Konut bertambah baik. “Saya juga mengapresiasi kepada seluruh stakeholder dan para guru, termasuk jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Konut atas kerja kerasnya selama ini. Penghargaan ini untuk kalian para guru-guru yang senantiasa berjibaku dalam mendorong kualitas SDM di Konut,”ujar Ruksamin.

Penghargaan DPN merupakan apresiasi yang dianugerahkan PGRI kepada kepala daerah yang memiliki perhatian dan komitmen tinggi terhadap pembangunan pendidikan, profesionalitas, kesejahteraan guru dan PGRI. Penyematan DPN yang diberikan tidak diberikan begitu saja, melainkan hasil penilaian, verifikasi jejak digital dan hasil wawancara yang dilakukan PB PGRI pada kamis 16 November 2023 lalu serta berdasarkan usulan dari pengurus PGRI Provinsi Sultra dan PGRI Kabupaten Konawe Utara.

Sehingga Bupati Ruksamin dinilai sebagai kepala daerah yang memiliki perhatian dan kepedulian dalam melakukan berbagai upaya untuk kemajuan pendidikan di Konawe Utara. Berbagai program peningkatan kualitas pendidikan telah dilakukan bupati. Diantaranya menaikan gaji guru honorer dari Rp. 250.000 menjadi Rp. 1.500.000, pemberian beasiswa mahasiswa kedokteran di Wuhan, China sebanyak 10 orang

Kemudian pemberian bantuan biaya pendidikan atau bebas biaya UKT bagi mahasiswa diploma, sarjana dan pascasarjana kepada seluruh mahasiswa
Konawe Utara, menyiapkan anggaran rutin sekolah untuk setiap sekolah SD dan SMP

Mengadaan fasilitas pembelajaran smart class room, multimedia dan TIK sekolah, pengadaan motor dinas bagi kepala sekolah TK, SD, SMP dan pengawas, serta pembagian laptop kepada guru dan pengawas.

Tak hanya itu, Ruksamin membuat kebijakan mengalokasi APBD untuk pembangunan pendidikan 3 tahun terakhir diluar gaji guru dan pendidikan kedinasan sebesar 20% dari APBD. Melakukan kebijaksanaan peningkatan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan dengan mengalokasikan anggaran yang memadai untuk pemberian insentif/tunjangan kinerja.

Serta Komitmen untuk pemenuhan kebutuhan guru dengan pengangkatan guru PNS atau PPPK 3 tahun terakhir. Dimulai sejak tahun 2021 sebanyak 154 guru, 2022 sebanyak 212 guru dan 2023 sebanyak 519 guru serta beberapa program strategis lainnya yang berpihak kepada guru dan tenaga kependidikan.(kn)

Tinggalkan Balasan