Pj Gubernur Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Kekeringan di Sultra

KENDARINEWS.COM – Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, telah menetapkan status tanggap darurat bencana kekeringan di provinsi Sulawesi Tenggara. Keputusan ini diambil setelah menerima surat dari Kepala Stasiun Klimatologi Sulawesi Tenggara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Langkah penanganan darurat ini dibarengi dengan rapat koordinasi (Rakor) yang melibatkan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), BMKG, dan Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (23/01).

“Kita perlu menyiapkan langkah mengantisipasi bencana itu. Dan yang paling penting kita semua secara kolaboratif bersatu padu melakukan penanganan dampak El Nino,” Ujar Andap Budhi Revianto.

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto Pimpin Rakor Antisipasi Dampak El Nino

Sebelum penetapan status tanggap darurat ini, telah dilakukan pengecekan lapangan untuk mengevaluasi dampak kekeringan di berbagai wilayah di Sultra. Dari hasil dari rapat koordinasi ini, Pj. Gubernur mengeluarkan Keputusan Gubernur yang menetapkan status tanggap darurat bencana kekeringan di Provinsi Sultra. Keputusan ini diumumkan pada Kemarin (Selasa, red).

Penetapan Status Tanggap Darurat ini merujuk pada Pasal 23 Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Proses penanganan bencana dimulai dengan status siaga darurat, kemudian tahap tanggap darurat, dan selanjutnya menuju tahap transisi darurat ke pemulihan. (rls/ryl)

LIHAT DISINI SURAT KEPUTUSANNYA!

Tinggalkan Balasan