Pj Gubernur Sultra Ajak Pemangku Adat, Pemda hingga Generasi Muda Menjaga dan Melestarikan Budaya Warisan Leluhur

KENDARINEWS.COM-Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol (P) Dr (HC) Andap Budhi Revianto mengajak semua elemen, supaya menjaga dan melestarikan budaya warisan leluhur. Ajakan itu disampaikan Andap usai seremoni Penganugerahan Gelar Adat Kesultanan Buton di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Selasa, 17 Oktober 2023.

“Selaku Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, saya mengajak kita semua, pemangku adat, jajaran pemerintah daerah (pemda) dan seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda (generasi milenial dan Gen Z) untuk terus menjaga dan melestarikan budaya yang telah diwariskan leluhur kita,” ungkap Andap Budhi Revianto.

Mantan Kapolda Sultra ini menegaskan, berbagai warisan sejarah, seni budaya, naskah kuno dan peninggalan Kesultanan Buton lainnya, kedepan menjadi tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara dan Indonesia.

“Kita harus jaga marwahnya, kehormatannya, dan kelestariannya dengan penuh rasa tanggung jawab,” jelasnya.

Untuk diketahui, setelah mendapat gelar adat dari Kesultanan Buton, Andap Budhi Revianto kini bergelar: Mia Ogena Bhawaangi Yi Sulawesi Tenggara. Andap mengaku sangat terhormat dan mengapresiasi hal itu.

“Saya berterima kasih karena sudah dinobatkan secara resmi menjadi kerabat dan sesepuh dalam eks Kesultanan Buton. Ini suatu kehormatan bagi saya,” imbuhnya. (KN)

Tinggalkan Balasan