Soal Penerimaan Pegawai Tahun 2023, Hadrawati: Hanya PPPK, Tak  Ada Penerimaan CPNS Daerah

KENDARINEWS.COM–Jika pada rekrutmen sebelumnya pemerintah membuka lowongan CPNS untuk instansi pusat dan daerah, kini CPNS hanya diperuntukan bagi instansi pusat saja. Sementara instansi daerah tidak ada lowongan CPNS, melainkan hanya mendapat formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Ilustrasi CPNS atau PPPK (foto/net)

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Formasi BKD Sultra, Hadrawati Yusuf mengatakan, tahun ini untuk  penerimaan CPNS hanya diperuntukkan bagi pemerintah pusat dalam hal ini instansi-instansi vertikal. Sementara untuk Pemprov Sultra tahun ini tidak menerima kuota CPNS, yang ada hanya kuota PPPK.

“Tak adanya rekrutmen CPNS tahun ini karena memang tak ada kuota yang diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk daerah. Hal itu sesuai surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB)  tentang Pengadaan Aparatur Sipil Negara Tahun 2023,”kata Hadrawati Yusuf, Kamis (10/8)

Untuk itu, kata dia, Pemprov Sultra hanya akan menerima PPPK sesuai kuota yang diberikan  dan  telah disetujui Pemerintah Pusat.

“Jadi, tahun ini kita hanya akan membuka penerimaan PPPK saja. Sementara CPNS tidak dibuka penerimaannya, karena memang tidak ada kuota yang diberikan pusat untuk daerah,”ujarnya.

Dalam penerimaan PPPK ini kuota untuk Pemprov Sultra sudah diterima dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpan-RB, namun belum dapat disampaikan secara detail.

“Kuota PPPK  kita sudah ambil dari pusat, tapi ini belum dapat disampaikan. Nanti setelah rapat bersama BKD dan Sekda Sultra terkait kuota ini tuntas baru bisa kita sampaikan. Yang jelas untuk PPPK tahun ini formasi yang diterima dari  tenaga kesehatan, guru dan tenaga teknis lainya. Jadi hampir semua jurusan kita terima pada seleksi tahun ini,”pungkasnya. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan