Pemberian Vaksin PMK Belum Mencapai Target

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Pertanian (Distan) Konkep terus memaksimalkan pencegahan penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak seperti sapi, kerbau, babi, kambing, dan domba. Dimana upaya ini dilakukan dengan gencar melakukan vaksinasi hewan ternak yang berada di kabupaten tersebut. 

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Konkep, Udin, mengatakan, dilakukan nya vaksinasi terhadap hewan ternak khususnya sapi ini, tidak lepas dari merajalela nya kasus PMK di Indonesia. Dimana di Sultra sendiri sudah terdapat beberapa kabupaten dan kota yang sudah terdapat kasus PMK. 

“Vaksinasi yang baru dilakukan di Konkep yakni vaksinasi tahap satu dan akan menyusul yang kedua hingga booster. Dimana hingga saat ini hewan ternak (sapi) yang telah divaksinasi telah mencapai 750an ekor sapi,” ujar Kabid Peternakan Dinas Pertanian Konkep, Udin (3/7). 

Dia menambahkan, masih rendahnya capaian vaksinasi  ini dikarenakan masih rendahnya respon dan kesadaran masyarakat atau peternakan akan pentingnya vaksinasi ini. Akan tetapi pihaknya tidak patah semangat, dimana tim vaksinasi ini turun setiap saat untuk melakukan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi ini. 

Dia juga menambahkan, upaya ini merupakan salah satu Komitmen Pemerintah Daerah sebagai bagian untuk mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan.

“Upaya ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah untuk mewujudkan visi misi dari bapak Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan,” ungkapnya. 

Di tempat terpisah, Kordinator Pencegahan PMK Konkep, drh. Jeni Yunita menjelaskan, target vaksinasi Konkep secara nasional untuk tahun 2023 berjumlah 2800 vaksinasi. Dimana hingga saat ini hewan ternak yang divaksin 750 ternak dari tujuh kecamatan di Konkep. 

“Capaian ini masih sangat rendah karena disebabkan kurangnya kesadaran peternak yang belum memahami akan pentingnya pencegahan penyakit PMK di Konkep,” ungkapnya. (jib/kn)

Tinggalkan Balasan