Soal Pj Bupati di 3 Kabupaten, Ini Kata Ali Mazi

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Pemrovinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) secara resmi telah menyerahkan usulan Pejabat (PJ) Bupati untuk tiga Kabupaten yang akan berakhir pada Agustus ini. Tiga¬† Kabupaten itu yakni Bombana, Buton dan Kolaka Utara (Kolut). Usulan ke pemerintah pusat pun telah diserahkan, saat ini masuk dalam tahap penggidokan naman-nama yang dianggap kredibel.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan,  terkait 3 Pj Bupati yang bakal berakhir, usulan telah diserahkan, bahkan saat ini pihaknya menyerahkan semua proses di Kemendagri.

“Kita sudah usulkan. Saat ini  kita serahkan saja semua ke Kemendagri,”singkat Ali Mazi.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Setda Sultra, Muliadi mengatakan,  terkait pengusulan Pj Kolaka Utara,  Bombana dan Kabupaten Buton, usulanya sudah masuk by sistem.

“Untuk usulanya kita sudah masukkan dalam sistem informasi online Kementerian dalam negeri sejak awal atau pertengahan Juli lalu. Itu sudah kita masukkan, dan terkait siapa yang menjadi usulan  nama dari Gubernur itu masih belum dapat disampaikan,”kata Muliadi, Senin (31/7).

Dijelaskan, dalam usulan ini bukan saja gubernur yang mengusulkan untuk Pj, sebab berdasarkan Permendagri nomor 4 tahun 2023, terdapat  tiga komponen yang mengusulkan Pj Bupati dan  Walikota, ada usulan dari DPRD, Gubernur dan Kemendagri.  

“Mereka masing-masing mengusulkan, nanti baru  digodok siapa orang yang dianggap kredibel itu yang akan menjadi Pj berdasarkan rekomendasi Tim Penialai Akhir (TPA). Kemudian hasil itulah yang dibuatkan SK oleh Kemendagri,”bebernya.

Saat ini, prosesnya masih dalam tahap penggodokan. Mereka  yang menggodok pun terdiri dari beberapa tim lembaga terkait yang melibatkan Kemendagri, Menkopolhukam, BIN, KASN, dan Kemensetneg.

“Mereka semua terlibat dalam penggodokan. Bahkan dari informasi yang kami terima, saat ini masih sementara di godok. Artinya usulan itu belum final. Kita tinggal menunggu saja,”pungkasnya. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan