Jalin Kemitraan dengan Perguruan Tinggi, Pj Wali Kota Asmawa Jadi Pemateri di Kuliah Umum Istek Aisyiyah

KENDARINEWS.COM—Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mendukung pengembangan perguruan tinggi di Kota Lulo. Itu diwujudkan lewat kerjasama yang dibangun dengan beberapa Perguruan Tinggi. Salah satunya bermitra dengan Institut Sains Teknologi dan Kesehatan (Istek) Aisyiyah Kendari.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, kerjasama sangat penting dijalin dengan perguruan tinggi dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas perguruan tinggi. 

Disisi lain, kerjasama yang terjalin juga penting dalam rangka mendukung pemerintahan melalui pengamalan Thridharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

“Perguruan tinggi sangat mendukung jalannya pemerintahan. Mudah-mudahan melalui kerjasama ini perguruan tinggi bisa turut andil dalam mendukung pembangunan daerah,” ungkap Asmawa Tosepu, usai membawakan materi dalam kuliah umum yang digelar Istek Aisyiyah Kendari, kemarin.

Pada kuliah umum, kali ini, Asmawa Tosepu berkesempatan menyampaikan beberapa hal terkait tujuan berbangsa dan bernegara. Ia menjelaskan tujuan bernegara yakni untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. “Tujuan bernegara ini diimplementasikan sebagai landasan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Disisi lain, pihaknya sebagai penyelenggara negara berkomitmen memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh masyarakat Kota Kendari tanpa terkecuali.

“Pemerintah akan senantiasa memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan keadilan. Selanjutnya melaksanakan pembangunan yang mampu menghadirkan kesejahteraan, melakukan pemberdayaan yang berujung pada kemandirian dan melahirkan ketertiban,” ungkap Asmawa Tosepu.

Selain itu, Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri RI ini meminta perguruan tinggi agar memanfaatian risetnya untuk mendukung berbagai sektor penggerak daerah.


“Misalnya perguruan tinggi bisa meneliti tentang pengaruh sampah terhadap kebersihan dan kesehatan warga masyarakat Kota Kendari, ini akan memberikan kontribusi kepada Pemerintah Kota Kendari karena ada korelasi yang signifikan antara kesadaran warga mulai dari sisi kesehatan dan keindahan kota,” kata Asmawa.

Pada kesempatan yang sama, Rektor ITK Aisyiyah Kendari, Mashuni menyambut baik kerjasama yang terjalin dengan Pemkot. Menurutnya, kerjasama yang terjalin bisa membantu pengembangan perguruan tinggi sehingga bisa bersaing dengan berbagai perguruan tinggi ditanah air.

“Kami sangat mengapresiasi Pj Wali Kota Kendari karena sudah bersedia untuk membereskan mahasiswa termasuk menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi. Melalui kerja sama ini, kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam menyelenggarakan negara,” pungkasnya. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan