Sultra Target Swasembada Pangan

KENDARINEWS.COM — Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra berupaya mewujudkan swasembada pangan di Sultra. Proyeksi itu lantaran kebutuhan pangan di Sultra selalu tercukupi.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Distanak Sultra, La Ode Muhammad Rusdin Jaya. Dengan potensi pertanian dan perikanan di Sultra, ia optimis target swasembda pangan bisa tercapai itu. Langkah ini dilakukan untuk mendukung pertanian daerah ini mampu menyediakan kebutuhan pangan secara sendiri dan wujud dukungan ke Indonesia. Dalam mewujudkan target tersebut, selain turun langsung mengecek kawasan persawahan dan panen di Sultra, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan berupa; benih, bantuan sarana produksi, alat pra dan pasca panen, serta mesin pertanian lainya. “Untuk bidang peternakan, kita juga sudah menyalurkan bantuan berupa bibit sapi, kambing, unggas, ayam, itik dan ternak lainya,” jelasnya.

Ada beberapa faktor yang perlu dianalisis untuk mencapai target tersebut. Di antaranya, upaya peningkatan produktivitas, upaya perluasan area tanah, pengamanan tanaman dari gangguan organisme pengganggu tanaman (OPT), dan dampak perubahan iklim.

Selain itu, dukungan pembiayaan asuransi, penanganan panen pasca panen, dan penyamaan persepsi terkait luas baku sawah yang menjadi pedoman bersama. “Kami tentu akan melakukan pendampingan penuh kepada para petani dan peternak melalui penyuluh-penyuluh pertanian yang ada di tingkat kabupaten. Untuk permasalahan lainya, kita juga perlu mendapat dukungan dari stakeholder terkait,” pungkasnya. (rah/C)

Tinggalkan Balasan