207 Cakades Pemkab Konut Janji Jaga Keamanan

KENDARINEWS.COM — Sebanyak 207 calon kepala desa (Cakades) di Kabupaten Konawe Utara (Konut) bersepakat mengikrarkan deklarasi damai dalam kontestasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada Sabtu, 27 Mei 2023 mendatang. Bupati Konut, Ruksamin, yang memimpin deklarasi damai Cakades itu berharap sekaligus mengajak seluruh warga untuk menjaga serta menciptakan keamanan dan ketertiban dalam helatan pesta demokrasi tersebut.

“Saya harapkan ikrar ini bukan saja diucapkan akan tetapi harus mampu dilaksanakan sebagai wujud tanggung jawab saudara sebagai calon kepala desa yang berintegritas,” kata Ruksamin, kemarin. Dari laporan panitia kabupaten, kata Ruksamin, terjaring 207 Cakades, terdiri dari 173 laki-laki dan 34 perempuan atau 16 persen dari total pendaftar. Ini menunjukan partisipasi kesetaraan gender telah bertumbuh bila dibandingkan pada pemilihan kepala desa sebelumnya.

Tentunya itu merupakan bentuk keberhasilan Pemkab Konut dalam pendidikan politik bagi warga, khususnya kaum perempuan dalam kesetaraan. “Karenanya, saya sangat mengharapkan agar setelah terpilih nantinya benar-benar harus mampu mengemban aspirasi rakyat dan peka terhadap kebutuhan desa,” pinta Ruksamin. Kesinambungan pembangunan akan terwujud bilamana kepala desa mampu menerjemahkan dan mengimplementasikan yang telah ditetapkan pemerintah secara berjenjang. Karena tugas kepala desa kedepan tidak ringan, melainkan semakin berat.

“Sebab kita diperhadapkan dengan berbagai persoalan. Baik itu menyangkut kemiskinan ekstrem, stunting maupun inflasi. Tahun 2024 kita ditargetkan harus 0 persen. Hal ini bukan pekerjaan mudah, dibutuhkan kerja keras dari seluruh elemen terkait, terlebih lagi seorang kepala desa,” pungkasnya. (c/min)

Tinggalkan Balasan