Bahan Pangan Melimpah, Harga Stabil

KENDARINEWS.COM — Program Gerakan Pangan Murah (GPM) Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Sultra berlanjut di Kota Kendari. Tepatnya dilaksanakan di empat Kecamatan; Baruga, Poasia, Puuwatu, dan Mandonga.

Kepala Disketapang Sultra, Ari Sismanto mengatakan, gerakan pangan murah dilaksanakan dalam rangka pengendalian inflasi daerah yang berpotensi terjadi pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri 2023. “Gerakan pangan murah ini kita laksanakan menindaklanjuti arahan Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang menginginkan Pemkab berperan dalam menekan laju inflasi,” Kata Ari Sismanto.

Camat Mandonga, Alimin (berdiri) menyambut baik pelaksanaan Gerakan Pangan Murah di otoritanya.

Dalam gerakan pangan murah lanjut Sismanto, pihaknya bekerja sama dengan distributor bahan pangan serta lembaga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Bulog menyediakan bahan pangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat. “Dalam gerakan pangan murah, kami menghadirkan bahan pokok dengan harga terjangkau. Misalnya beras dibanderol hanya Rp 45 ribu/5kg lebih murah jika dibandingkan harga pasaran berkisar Rp 50 ribu/5 kg,” ungkap Ari Sismanto.

Selain beras, pihaknya juga menawarkan komoditas lainnya seperti gula pasir, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, dan telur. Gelaran pangan murah yang digelar Disketapang Sultra mendapatkan respon positif dari warga. Runi warga Baruga misalnya. Ia menyambut baik pelaksanaan pangan murah diwilayahnya. “Saya sangat senang sekali digelar pasar murah. Disini kami bisa beli sembako dengan harga murah. Disini beras dijual murah sekali hanya Rp 45 ibu. Saya juga beli telur untuk membuat kue. Harganya murah sekali,” Ungkap Runi.

Masyarakat Kecamatan Baruga menyambut baik pelaksanaan Gerakan Pangan Murah dalam rangka pengendalian inflasi daerah

Sekadar informasi, selain Kendari, gerakan pangan murah juga dilaksanakan di empat Kecataman Baubau yakni di Kecamatan Sorowolio, Bungi, Betoambari, dan Kecamatan Wolio. (ags/adv)

Tinggalkan Balasan