Gubernur Lantik 150 Kasek SMA se Sultra

KENDARINEWS.COM–Sebanyak 150 orang Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas (SMA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Lantik Gubernur Sultra, H. Ali Mazi di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Jumat (14/4) kemarin.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengungkapkan kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu indikator kemajuan sekolah. Kepala Sekolah harus mampu merangkul semua komponen serta dapat memfungsikan semua guru dengan baik.

“Kepala Sekolah juga harus bisa menjalankan kegiatan belajar dan mengajar, dengan baik. Kemudian bagaimana bisa menjadikan sekolah dan mutu pendidikan kian bermutu,” ungkapnya usai mengambil sumpah jabatan para Kasek di Aula Dikbud Sultra kemarin.

Ditambahkan, Kepala Sekolah juga harus mampu menjalankan fungsinya sebagai pendidik, manajerial, sebagai administrator dan sebagai supervisior,  leader serta sebagai motivator.

“Sebagai sebuah organisasi, sekolah merupakan lembaga yang bersifat kompleks dan unik. Dengan didalamnya terdapat berbagai dimensi . Sehingga berkembang tidaknya suatu sekolah dipengaruhi oleh kepemimpinannya, karena Kepala Sekolah yang merupakan pejabat
formal, manager, pemimpin, pendidik dan juga bertindak sebagai staf,”pintanya.

Sementara itu, kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sultra, Dra. Zanuriah mengungkapkan, selain 150 Kasek yang dilantik, juga terdapat 17 pejabat administrasi Pemprov Sultra ikut dilantik. “Jadi totalnya  sekitar 167 yang dilantik pada hari ini, “ungkap Zanuriah.

Zanuriah menambahkan, pelantikan sejumlah Kasek dan pejabat administrasi lingkup Pemprov Sultra itu sebagai bentuk penyegaran organisasi dan optimalisasi pelayanan pendidikan di masyarakat.

“Ini juga sebagai hasil evaluasi kepala Dinas dan pak Gubernur. Karena seperti hasil evaluasi di lapangan, beberapa sekolah yang tidak memelihara kebersihan dan lingkungannya makanya dievaluasi. Dan salah satu penekanan pak Gubernur semua Kasek harus berinovasi, ” tambahnya.

Adapun sejumlah pejabat struktural dan administrasi yang dilantik itu tersebar di sejumlah OPD lingkup Pemprov Sultra.

“Ada dari Kehutanan, Dikbud dan PTSP, sehingga totalnya sekira 17 orang. Kalau yang Kasek kita hanya mengusulkan, tapi yang evaluasi adalah Dinas sendiri, ” pungkasnya. (Kam/kn)

Tinggalkan Balasan