Dinsos Sultra Dorong Peningkatan Kapasitas PSKS 

KENDARINEWS.COM–Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini tak henti-hentinya mendorong peningkatan kapasitas Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). Hal ini mengingat PSKS merupakan elemen penting sebagai mitra Pemerintah dalam rangka menyukseskan program-program kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial khususnya di wilayah Bumi Anoa. 

Kepala Dinsos Sultra, Pahri Yamsul mengatakan, potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) merupakan perseorangan, keluarga, kelompok dan atau masyarakat yang dapat berperan serta dalam mendukung, menjaga, menciptakan dan memperkuat penyelenggaraan kesejahteraan sosial. 

“Sehingga PSKS merupakan elemen penting sebagai mitra Pemerintah dalam rangka menyukseskan program-program kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial. Karena itu penting bagi mereka untuk terus meningkatkan kemampuannya melalui pembinaan, pengembangan dan pendayagunaan PSKS, “kata Pahri saat membuka kegiatan Peningkatan Kemampuan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial, di Zenith hotel Kendari, Rabu (12/4). 

Dia melanjutkan, tentunya pelatihan yang dilakukan saat ini sebagai bentuk keseriusan Dinsos dalam mendorong pengembangan PSKS di Jazirah Sultra. 

“Kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam pemberdayaan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, ” bebernya. 

Ia berharap, kegiatan ini  dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan fungsi koordinasi, kolaborasi dan sinergitas serta keterpaduan dan kesamaan persepsi dalam menjalankan tugas-tugas dibidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial serta sekaligus dapat meningkatkan mutu dan kualitas PSKS dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Lanjutnya, Pemerintah menyadari bahwa tanpa peran serta pilar-pilar sosial dan masyarakat merupakan hal yang mustahil permasalahan terkait penyandang masalah kesejahteraan sosial dapat ditangani sesuai yang diharapkan. 

“Oleh karena itu saya harapkan kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi PSKS di Sultra khususnya dalam menjalankan tugas-tugas sebagai pilar-pilar sosial melalui penyelenggaraan kesejahteraan sosial di daerah yang kita cintai, ” tukasnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial, Santyadji MW Joenoes mengatakan kegiatan ini diperuntukan  khusus kepada para pekerja sosial yang berada di Kecamatan dan Kelurahan. 

“Dimana pesertanya sebanyak 100 orang, yang terdiri dari  tenaga kesejahteraan sosial yang tersebar di 11 Kecamatan, Lembaga Kesejahteraan Sosial/Organisasi Sosial (LKS ORSOS), kemudian Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos), dan Karang taruna pekerja sosial masyarakat. Mereka ini adalah pilar pilar sosial yang bermitra dengan dinsos provinsi,”jelasnya. (rah/kn) 

Tinggalkan Balasan