Safari Ramadan, Perkenalkan STAI

KENDARINEWS.COM — Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Wakatobi menggelar safari Ramadan dengan mengunjungi masjid-masjid di Pulau Wangi-Wangi selama bulan suci Ramadan ini. Terbaru, kunjungannya dilakukan di Masjid Nurul One Desa Matahora, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan.
Ketua STAI Wakatobi, Dr. Suruddin, S.Pd. M.Pd, dalam ceramahnya mengatakan, Allah memerintahkan kepada umat Islam agar senantiasa meningkatkan kualitas iman melalui konsep ikhtiar, yakni ikhlas menyucikan diri, mencari ridha Allah SWT.

“Menjadi teladan, menjadikan iman sebagai cahaya dan senantiasa mempelajari Alquran, serta menjadi orang yang benar,” ujarnya, Senin (27/3). Suruddin juga mengatakan pentingnya ikhtiar sebagai salah satu senjata ampuh bagi umat muslim untuk berjuang meraih kesuksesan dunia. Bahkan, Allah SWT menyinggung perihal ikhtiar dalam Alquran dengan sabda Rasulullah SAW dalam haditsnya. Hal itu membuktikan, ikhtiar merupakan salah satu perkara penting bagi umat muslim.

“Hikmah dari bersikap ikhtiar bagi kehidupan manusia di antaranya kita bisa menjadi mandiri atau tidak bergantung kepada orang lain, menghargai hasil usaha diri sendiri dan orang lain, serta bermartabat di sisi manusia juga terhormat di hadapan Allah SWT,” tambahnya. Safari tersebut akan rutin digelar selama bulan Ramadan dan mengunjungi masjid-masjid yang ada di Pulau Wangi-wangi. Tidak hanya itu safari Ramadan ini dilakukan untuk memperkenalkan STAI Wakatobi kepada masyarakat. (kn)

Tinggalkan Balasan