oleh

PAN Minta Kemenag Kaji Ulang Kenaikan Biaya Haji

KENDARINEWS.COM — Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk mempertimbangkan kembali usulan kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2023. Pasalnya, usulan kenaikan tersebut diperkirakan akan memberatkan para jamaah. Besaran kenaikan mencapai hampir Rp 30 juta untuk per jamaah. Karena itu, kenaikan biaya perjalanan haji sebaiknya dikaji kembali.

“Kemenag harus menghitung lagi secara rinci structure cost BPIH. Penghematan bisa dilakukan di setiap rincian stucture cost tersebut,” kata Saleh kepada wartawan, Senin (23/1).

Saleh menjelaskan, jamaah reguler Indonesia berjumlah 203.320 orang. Menurutnya, jika ada kenaikan Rp 30 juta, maka uang jamaah yang akan dikumpulkan adalah sebesar Rp 14,06 triliun lebih.

“Ditambah lagi dari manfaat dana haji yang dikelola BPKH sebesar Rp 5,9 triliun. Total dana yang dipakai dari uang jamaah adalah Rp 20 triliun lebih per tahun. Sementara itu, ada lagi biaya penyelenggaraan haji dari APBN Kemenag sebesar Rp 1,27 triliun dan Kemenkes sebesar Rp 283 miliar,” ungkap Saleh.

Berdasarkan pemetaan penggunaan anggaran dan situasi terkini masyarakat, usulan kenaikan BPIH 2023 dinilai sangat tidak bijak. Saleh lantas mengungkapkan beberapa alasan untuk mempertimbangkan kenaikan BPIH.

Komentar

Tinggalkan Balasan