oleh

Masa Jabatan Hampir Berakhir, 24 Wilayah Siap-siap Gelar Pilkades

KENDARINEWS.COM–Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kolaka, Rahmat Hidayat, mengungkapkan, ada 24 desa yang akan menggelar Pilkades di daerah otorita H Ahmad Safei.

24 desa itu tersebar pada delapan kecamatan, ya­kni Wolo, Samaturu, Baula, Pomalaa, Tanggetada, Polinggona, Watubangga dan Toari.

Kata dia, pemilihan digelar karena periode masa pemerintahan kepala desa (Kades) di 24 desa itu akan berakhir di tahun 2023 ini.

“Tahapan saat ini sudah dimulai. Sekarang sedang pembentukan panitia di tingkat desa. Pilkades digelar serentak pada 30 Mei 2023,” ungkapnya, kemarin.

Mantan Camat Polinggona tersebut mengatakan, jumlah calon Kades yang mendaftar minimal dua dan maksimal lima orang. Jika, di suatu desa nanti ter­dapat lebih dari lima pendaftar calon Kades, maka akan dilakukan seleksi un­tuk menentukan lima peserta terbaik yang dapat ditetapkan sebagai kandidat.

“Jadi kalau lebih dari calon, maka akan diadakan uji kompetensi. Lima peserta terbaik itu nantinya yang akan dipilih menjadi calon Kades. Yang melakukan uji kompetensi itu nantinya adalah tim indenpenden,” ujarnya.

Terkait besaran anggaran yang akan digunakan pada pelaksanaan Pilkades nanti, Rahmat belum dapat menye­butkan. Namun, kata dia, pelaksaan Pilkades akan menggunakan anggaran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Desa (Pemdes). “Untuk honor panitia dianggarkan oleh Pemdes. Sedan­gkan dari Pemkab itu terkait kotak suara dan pengamanan,” bebernya. (fad/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan