oleh

Konsel Berupaya Jadi Kabupaten Terinovatif

KENDARINEWS.COM — Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) di bawah kepemimpinan Bupati, H. Surunuddin Dangga, terus terlihat. Tak puas dengan capaian yang telah diperoleh, daerah tersebut tetap bergerak, salah satunya berupaya menjadi kabupaten inovasi. Surunuddin Dangga mengungkapkan, ia selalu selalu berusaha agar otoritanya jadi garda terdepan. Terbukti Konsel jadi yang pertama mentransformasi Balitbang menjadi Brida.

“Dengan Brida kita dorong peta inovasi semakin luas dan optimal. Nantinya yang menjadi dasar kebijakan, program dan kegiatan ada di badan riset ini. Dengan Brida, kita petakan kebutuhan daerah agar benar-benar mewujudkan inovasi sesuai kebutuhan dan kondisi daerah,” ujarnya, kemarin.

Untuk merealisasikan upaya tersebut, Konsel-1 itu meminta pejabat yang diamanahkan agar membangun kolaborasi dengan pihak terkait. “Baik itu perguruan tinggi, lembaga nasional, Pemerintah Pusat, dan pihak potensial lain. Inovasi di daerah harus semakin meningkat, Konsel memiliki potensi dan bisa menjadi kabupaten terinovatif,” optimisnya.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Konsel, Hj. Marwiyah Tombili, mengatakan, sejak awal mendapat amanah memimpin Balitbangda sampai berubah nomenklatur, pihaknya telah melakukan pemetaan terkait inovasi. “Pemetaan dan identifikasi yang dilakukan dimulai pada tataran paling bawah yakni dari desa. Apa sebenarnya yang masyarakat desa butuhkan dan intervensi apa yang bisa dilakukan pemerintah, sehingga terwujud Konsel Hebat. Kita sudah lakukan ditahun 2022 dan dioptimalkan lagi tahun 2023 ini,” ungkapnya.

Untuk memaksimalkan kinerja tersebut, ia berharap kedepannya Konsel semakin banyak memiliki sumber daya manusia potensial, kapabel, serta profesional. Ia juga konsisten akan membangun sinergisitas dengan pihak terkait sampai ditingkat nasional, sesuai amanah pimpinan daerah.

“Kita juga harapkan semakin banyak doktor yang bisa jadi tim peneliti di Brida Konsel. Karena Brida skopnya lebih luas, optimal dan lebih mampu menggali inovasi di daerah ini. Sebab kita berupaya Konawe Selatan jadi salah satu kabupaten terinovatif di Indonesia,” terangnya. (b/ndi)

Komentar

Tinggalkan Balasan