oleh

Waspada! Gelombang Laut Hingga 4 Meter Potensi Terjadi di Perairan Sultra

KENDARINEWS.COM–Cuaca di wilayah Sultra akhir akhir ini kurang bersahabat. Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim (Stamar) Kendari Faizal Habibie mengatakan mengatakan dari pengamatan satelit, gelombang tinggi antara 1,25 hingga 4 meter berpeluang terjadi di perairan Sultra.

Makanya, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini yang berlaku mulai 9 Agustus pukul 20.00 Wita hingga 12 Agustus pukul 20.00 Wita.

Pola angin umumnya dari Timur-Selatan dengan kecepatan 2-20 Knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Banda Timur Sultra, perairan Bau-bau bagian Selatan, dan perairan Wakatobi. Kami meminta masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar selalu waspada,” katanya.

Sejalan dengan itu, Faizal juga mengatakan berdasarkan pantauan dan analisis pemodelan cuaca numerik, kondisi hujan yang signifikan terjadi hingga 3 hari kedepan. Namun dengan kondisi perubahan cuaca, diperkirakan curah hujan cenderung menurun hari ini (11 Agustus 2022).
“Dalam beberapa hari kedepan, Kendari masih diguyur hujan. Namun intensitas mulai menurun. Tidak hanya Kendari, sebagaian besar wilayah Sultra juga diprediksi masih hujan.

Diantaranya, Konawe, Konawe Selatan (Konsel) dan beberapa wilayah kepulauan (lengkapnya lihat grafis). Dari pengamatan cuaca sinoptik, intensitas curah hujan di Kendari hari ini (kemarin) 20,5 mm,” jelasnya (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan