oleh

Penderita TB di Kolaka Tinggi

KENDARINEWS.COM–Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kolaka, dr Muhammad Aris, menjelaskan, secara umum kasus TB di Kabupaten Kolaka cukup tinggi. Sejauh ini ada 187 penderita yang tersebar di 12 kecamatan.

“Kasus TB di Kabupaten Kolaka itu tersebar di semua kecamatan. Nah, Kecamatan Kolaka yang tertinggi kasus TB nya itu karena penduduknya juga yang terbanyak dan paling padat,” jelasnya saat ditemui, Senin (1/8).

Ia menambahkan, kesadaran masyarakat yang semakin meningkat serta akses ke fasilitas layanan kesehatan kian mudah juga menjadi penyebab banyaknya kasus TB ditemukan di Kecamatan Kolaka. “Di Rumah Sakit Benyamin Guluh Kolaka juga ada alat pendeteksi TB secara cepat. Makanya, penemuan kasus TB di Kecamatan Kolaka jadi yang terbanyak,” ujarnya.

Aris mengatakan, pihaknya akan terus melakukan upaya pencegahan agar kasus TB di Kolaka bisa ditekan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mencari penderita TB untuk diobati.

“Strategi yang kami lakukan adalah menemukan seluruh penderita dan mengo­batinya sampai tuntas. Dengan demikian, maka penyebaran TB bisa diken­dalikan,” pungkas­nya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan