oleh

Terinspiratif, Stand Pemkab Kolaka Juara di Apkasi

KENDARINEWS.COM — Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 yang dilaksanakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta Convention Center (JCC), telah tuntas digelar akhir pekan lalu. Dari ratusan kabupaten di tanah air yang mengikuti event nasional tersebut, stand Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka dinilai yang terinspiratif oleh panitia.

Kepala Dinas Pariwisata Kolaka, Zulkarnain Mansyur, mengungkapkan, keberhasilan Pemkab Kolaka dalam meriah juara pertama pada event nasional itu berkat kerja sama antara seluruh Organisasi Peangkat Daerah (OPD) dalam Tim Apkasi, sesuai dengan arahan Bupati, H. Ahmad Safei dan Wakilnya, Muhammad Jayadin. Kata Zulkarnain Mansyur, dalam kegiatan tersebut pihaknya menampilkan berbagai potensi yang ada di Bumi Mekongga yang dapat dijadikan bisnis dan investasi.

“Di stand, kami pamerkan potensi daerah seperti pertambangan, perkebunan, peternakan dan pertanian serta produk UMKM. Selain itu, melalui video singkat, kami juga tampilkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Kolaka,” bebernya, Minggu (24/7). Menurut Zulkarnain, dengan tampilan yang menarik tersebut, maka stand Pemkab Kolaka dinilai paling menginspiratif dibanding dengan peserta daerah lainnya. “Stand pameran kami bagus dan indah. Sehigga oleh panitia dinobatkan masuk kategori inspiratif. Ada tiga daerah yang dapat indikator itu dan Pemkab Kolaka yang terbaik. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Kolaka,” ujarnya.

Meskipun menjadi yang tebaik di ajang pameran nasional tersebut, kata Zulkarnain, pihaknya tidak akan berhenti untuk berinovasi. Sebab Pemkab menginginkan agar kegiatan Apkasi itu juga dapat berdampak bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kolaka.
“Jadi dalam Apkasi itu kami inginkan tidak hanya sekedar menjadi juara. Tapi bagaimana mendatangkan investor dan wisatawan agar mereka dapat merekrut tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan daerah,” imbuhnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan