Sabar Ya, Gaji PPPK Tunggu APBD-P

KENDARINEWS.COM–Sebanyak 539 orang tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pemprov Sultra boleh bernafas lega. Pemprov berjanji bakal segera membayarkan gaji mereka yang tertunda.

Pj.Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Asrun Lio mengatakan gaji tenaga PPPK segera dibayarkan, tepatnya, setelah pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2022 Agustus mendatang. Proyeksi anggaran gaji disiapkan sekitar Rp32 miliar.

“Untuk itu, kami berharap teman-teman (PPPK) bersabar, pasti dibayar. Hanya saja masih tertunda saat ini. Gaji mereka itu sudah kita usulkan dalam postur perubahan anggaran,” ujar Pj.Sekda Sultra, Asrun Lio Rabu (13/7, kemarin.

“Jenderal” ASN Pemprov Sultra itu menambahkan, gaji tenaga PPPK yang sudah punya kontrak kerja merupakan tanggung jawab Pemprov Sultra. “Pembayaran nanti disesuaikan standar penggajian tenaga PPPK,” ungkapnya.

Pj.Sekda Sultra, Asrun Lio menjelaskan kondisi sebenarnya sehingga gaji tenaga PPPK tidak terakomodir dalam postur APBD. “Gaji mereka tidak diusulkan sejak tahun lalu, karena kita belum tahu berapa yang lulus. Belum ada pengumuman lulus atau tidak. Sementara mereka ini baru lulus pada April dan mulai aktif Mei 2022. Sementara proses penganggaran kita sudah ditetapkan dari tahun sebelumnya (2021),” jelasnya.

Oleh karena ratusan PPPK itu sudah dinyatakan lulus, diberikan penempatan tugas dan sudah ada keterangan melaksanakan tugas, maka penggajiannya diproses. “Pada saat kita proses lalu dananya belum ada, berarti kita harus mengusulkan di perubahan. Jadi nanti gaji mereka akan dirapel sejak aktif. Jadi tetap dibayar, hanya tertunda,” imbuh Asrun Lio.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pemprov Sultra ini memastikan pembayaran gaji tenaga PPPK itu nanti setelah pembahasan APBD perubahan tuntas. “Semua yang menjadi haknya (PPPK) pasti terbayarkan,” tutur Asrun Lio.

Untuk diketahui, 539 orang tenaga PPPK Pemprov Sultra sudah menerima Surat Keputusan (SK) kontrak kerja dan penempatan tugas sejak 28 April 2022. (kn)

Tinggalkan Balasan