oleh

Sulaeha Sanusi Kampanye Tolak Kekerasan Anak dan Perempuan

KENDARINEWS.COM–Hj.Sulaeha Sanusi,S.Pd.,M.Si Anggota DPRD Sultra, mengajak masyarakat Sultra untuk melawan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Hal itu diungkapkannya saat sosialisasi Peraturan daerah tentang hal tersebut di Perumahan Tumbu Mandonga, Senin (21/6).

Menurutnya, kekerasan merupakan perbuatan melawan hukum, dengan atau tanpa menggunakan sarana terhadap fisik dan psikis, yang menimbulkan bahaya bagi nyawa seseorang, badan atau menimbulkan terampasnya kemerdekaan sesorang.

“Dalam hal ini Negara memiliki kewajiban memberikan perlindungan kepada setiap warga negara sesuai dengan pembukaan UUD 1945 negara RI ,bahwa perempuan dan anak termasuk kelompok rentan yang cenderung mengalami kekerasan sehingga perlu mendapatkan perlindungan,” paparnya.

Menurut Sulaeha fenomena tentang Kekerasan anak dan perempuan di dalam lingkungan masyarakat khususnya di kota Kendari,sudah sangat butuh perhatian lebih.

“Sehingga penting dilakukan sosialisasi tentang itu, sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa negara kita negara hukum. Sehingga jika terjadi hal yang membahayakan terhadap anak dan perempuan agar segera melapor ke dinas terkait,” katanya

Hal yang membahayakan urainya, adalah seperti pelecehan seksual, eksploitasi anak,kekerasan dalam rumah tangga, penelantaran anak dan tindakan yang tidak menyenangkan lainnya.

“Tidak perlu malu atau pun takut, Ayo melapor agar mendapat perlindungan ” tandasnya.

Sementara Dr.Hj.Sartiah Yusran akademisi dan aktivis perempuan Sultra mengatakan mendidik seorang perempuan adalah mendidik tujuh keturunan jadi harus selalu waspada. Pasalnya anak-anak perempuan selalu dipantau oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab berbuat kejahatan (predator).

“Mengingat di Sultra khususnya di Kota Kendari sudah banyak kasus pelecehan terhadap anak perempuan, banyak kasus kita temui dan itu sangat menyakitkan,”paparnya.

Oleh karena itu penting untuk sosialisasi sekaligus mengedukasi orang tua tentang perlindungan terhadap perempuan dan anak.”Saya senang dengan antusias warga sangat luar biasa,bukan cuma ibu-ibu yang hadir,tetapi ada anak dan bapak-bapak Sehingga pesan ini saya harap tersampaikan dengan baik,”kuncinya.(Far/kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan