oleh

LSI Denny JA : Elektabilitas Prabowo Subianto Tertinggi

KENDARINEWS.COM — Menuju perhelatan pemilihan Presiden RI 2024, konstelasi persaingan politik figur, kian santer mencuat ke publik. Masing-masing partai politik hingga simpatisan, berlomba memunculkan figur jagoan dengan beragam manuver, yang bermuara meyakinkan publik.

Nama Prabowo Subianto diyakini sebagai salah satu figur kuat pada pemilihan Presiden RI mendatang. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menelurkan nama Prabowo Subianto sebagai figur bakal calon presiden dengan elektabilitas tertinggi. Posisi kedua ditempati Ganjar Pranowo dan ketiga adalah Anies Baswedan.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa mengatakan, tingkat popularitas atau pengenalan Prabowo Subianto berada pada angka 95.9 persen, tingkat kesukaan di angka 76.4 persen, dan elektabilitas 28.9 persen. Sementara tingkat popularitas Anies Baswedan berada di angka 83.4 persen, dengan tingkat kesukaan 73.6 persen, dan elektabilitas 14.6 persen.

“Sungguh pun elektabilitasnya nomor tiga Anies tidak menguasai partai, dan jabatan Gubernur DKI akan selesai bulan Oktober 2022,” kata Ardian Sopa dalam keterangan tertulis, Rabu (22/6).

Lanjut dia, berikut Ganjar Pranowo, tingkat pengenalan di angka 66.4 persen, dengan tingkat kesukaan 82.1 persen, dan elektabilitas 23.5 persen.

“Meski Ganjar memiliki elektabilitas tertinggi nomor dua, ia juga tidak menguasai partai, dan jabatan gubernurnya selesai pada bulan September 2023,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPD Gerindra Sultra Andi Ady Aksar menyambut baik hasil survei LSI Denny JA yang menelurkan nama Prabowo Subianto dengan elektabilitas tertinggi. Ia mengatakan, mendukung penuh dan siap memenangkan Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Dukungan tersebut didasari dengan alasan rasional. Prabowo Subianto memiliki kapabilitas tinggi dan mumpuni untuk memimpin dan memajukan Indonesia kedepan.

Ketua DPD Gerindra Sultra Andi Ady Aksar

“Semua kader Gerindra Sultra senantiasa intens melakukan sosialisasi dengan muara membesarkan nama Prabowo Subianto. Ini sebagai bentuk keseriusan, mendukung dan memenangkan Prabowo Subianto di pilpres 2024,” kata Andi Ady Aksar, Rabu (22/6).

Andi Ady Aksar menjelaskan, napak tilas politik Prabowo Subianto sangat panjang dan matang di kancah perpolitikan. Ditunjang dengan kekuatan intelektual beliau (Prabowo Subianto) yang begitu luas dan cemerlang tentang membangun sistem atau tatanan dalam berbangsa dan bernegara yang maju, berdaulat, adil dan makmur.

“Terlihat pula diberbagai survei kredibel yang menunjukan elektabilitas Prabowo Subianto yang konsisten tinggi dari waktu ke waktu. Ini menunjukan bahwa rakyat Indonesia menaruh harapan besar agar beliau menjadi Presiden RI berikutnya,” jelas Andi Ady Aksar.

Andi Ady Aksar menargetkan, kemenangan Prabowo Subianto di Sultra pada Pilpres 2019 akan terulang kembali. Pilpres 2019, suara Prabowo di Sultra mencapai 60,25 persen. Raihan tersebut akan menjadi daya motivasi bagi kader Gerindra beserta seluruh simpatisan untuk mengulang kemenangan yang sama di Pilpres 2024 nanti.

“Bahkan komitmen kami menargetkan raihan atau perolehan suara lebih tinggi dari capaian Pilpres 2019 lalu. Dan untuk menjemput kemenangan itu, kami telah memulainya jauh-jauh hari. Dan optimistis target tersebut tercapai,” tandas Andi Ady Aksar. (ali).

Komentar

Tinggalkan Balasan