oleh

CJH Buton Dilepas, Bupati Titip Doa Selamat untuk Daerah

KENDARINEWS.COM – Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Buton sudah dilepas untuk berangkat ke tanah suci. Meski jamaahnya hanya tiga orang, tidak memengaruhi respek Pemda untuk menggelar seremoni dan doa bersama mengiringi keberangkatan mereka sebagai tamu Allah. Hari ini, jamaah sudah bertolak ke Embarkasih Makassar melalui Bandara Betoambari Baubau.

CJH Buton tergabung pada Kolter 7 yang terdiri dari Kab. Buton 3 orang, Muna 30 orang, Kolaka 161 orang, Baubau 57 orang, Kolut 87 orang, Wakatobi 33 orang, Konkep 2 orang, Buteng 14 orang, ditambah petugas 6 orang, jumlah total 393 orang. Jamaah kloter 7 itu akan bertemu seluruhnya di Embarkasih Makassar. Kemudian tanggal 23 Juni 2022, pukul 23.05 Wita akan diterbangkan ke Jeddah, Arab Saudi.

Bupati Buton La Bakry menitip doa dan harapan agar calon haji yang berangkat ke Saudi Arabia itu bisa kembali dengan selamat 4 Agustus mendatang. “Cita-cita kita naik haji itu menjadi haji mabrur, jaga kesehatan selama di sana, agar semua rangkaian ibadahnya bisa diikuti dengan baik,” katanya saat melepas CJH di aula Rujabnya Senin (20/6).

Calon jamaah haji Kabupaten Buton

Orang nomor satu di Kabupaten Buton ini juga menitip pesan kepada jamaah untuk mendoakan masyarakat Kabupaten Buton agar tetap sehat aman dan terlindung dari bahaya dan bencana alam.

“Saya menitipkan pesan harapan masyarakat kabupaten Buton kepada ibu bertiga jangan lupa didepan Ka’bah, Padang Arafah, di Madina doakan kami semua dan daerah ini dan masyarakatnya. Masyarakat sehat dan daerah ini aman,” pintanya.

Bupati Buton La Bakry saat melepas calon jamaah haji Kabupaten Buton menuju Makasar untuk selanjutnya terbang ke jeddah.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Buton H. Mansur melaporkan dalam rangka mempersiapkan kondisi Kesehatan dan bekal pengetahuan CJH, Kemenag bersama Dinas Kesehatan Kab. Buton sudah melakukan pembinaan dalam bentuk Bimbingan manasik haji 2 tahap yaitu tingkat kabupaten dan kecamatan sebanyak 6 kali pertemuan. “Diharapkan melalui bimbingan manasik haji, jamaah memahami tata cara ibadah haji sesuai ketentuan syariat Islam sehingga menjadi haji yang mandiri dan mencapai haji yang mabrur,” katanya.

Dinas Kesehatan kata dia juga sudah melakukan pemeriksaan Kesehatan secara lengkap kepada CJH, sekaligus memberikan pembinaan berupa tuntunan menjaga protokol kesehatan selama baik ditanah air dan di Arab Saudi sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan sehat dan kuat secara fisik.

Untuk diketahui, pada musim haji tahun 1443 H/ 2022 M kali ini, kuota haji Kabupaten Buton yang masuk porsi berangkat sebanyak 3 orang dari jumlah kuota normalnya 12 orang pada tahun 2020. Namun hal ini terjadi karena kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait pengurangan kuota dan pembatasan usia 65 tahun. (elyn).

Komentar

Tinggalkan Balasan