oleh

BNN Ajak Media Bersinergi Perangi Narkoba

KENDARINEWS.COM–Narkotika, Psikotropika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) kini menjadi ancaman. Korban dan pelaku penyalahgunaan narkoba tak pandang bulu dan sudah lintas profesi dan status sosial. Ironisnya, korbannya sebagaian besar adalah generas muda

Untuk memerangi Narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kendari mengajak insan media mengedukasi masyarakat tentang bahaya narkoba. Kendari Pos bagian dari media mainstrem yang digandeng BNN melalui program Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN).

Kepala BNN Kota Kendari Murniaty mengungkapkan program KOTAN ini merupakan upaya pengayaan orientasi visi Pembangunan Kota Berkelanjutan dan Berdaya Saing. Sebab kondisi atau status Kabupaten/Kota yang tanggap terhadap berbagai potensi ancaman penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Untuk itulah, program ini menjadi salah satu dimensi yang relevan, mencakup aspek manusia, infrastruktur, manajemen, kelembagaan dan kebijakan daerah yang secara keseluruhan merupakan bagian inti atau substansi pembangunan kota. “Relevansi lainnya adalah pembangunan kota tanggap ancaman narkoba mewajibkan suatu kondisi untuk menciptakan keamanan masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba” ungkap Murniaty di kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Insan Media di Hotel Horizon Kendari, Rabu (8/6)

Sikap tanggap Pemda kata dia, dapat dilihat dari berbagai variabel, antara lain ketahanan keluarga, ketahanan masyarakat, kewilayahan, kelembagaan dan hukum. Beberapa elemen masyarakat seperti lembaga pendidikan, jurnalisme, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, dan lembaga pemerintah saling menopang untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang ideal. Idealisasi tersebut bersumber juga dari masyarakat yang berwujud norma adat, agama, dan aturan negara.

“Melalui work shop ini diharapkan insan media dapat menjadi perpanjangan tangan BNN dalam menumbuhkan kesadaran hukum tentang narkotika dan menggalang partisipasi masyarakat dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) melalui liputan kegiatan dan penyebarluasan informasi tentang P4GN,” imbuhnya.

Peran media lanjutnya, sangat strategis dalam mendukung program Kotan ini. Makanya, pihaknya terus bersinergi. Tidak hanya sekedar memberitakan, namun mengedukasi masyarakat. Di sisi lain, BNN turun melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan