oleh

3 Makna dan Keutamaan Surat Al Kautsar

KENDARINEWS.COM–  Al-Kautsar merupakan surah ke-108 dalam Al-Quran, tergolong dalam surah Makkiyah dalam Al-Quran dan hanya memiliki 3 ayat. Surah Al-Kautsar surat terpendek dalam Alquran yang mengandung arti nikmat luar biasa dari Allah Swt.

Surah ini diturunkan kepada Rasulullah ﷺ dikarenakan suatu alasan yaitu kesedihan. Saat itu Rasulullah ﷺ ditinggalkan dua orang yang sangat dikasihi. Oleh sebab itu, surah ini berfungsi sebagai penghibur Rasulullah ﷺ.

Berikut bunyi Surah Al Kautsar:
Innaa a’taina kal kauthar

“Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.”

Fa salli li rabbika wanhar

“Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

Inna shani-aka huwal abtar

“Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).”

Lalu apa saja kebaikan yang diperoleh dari membaca Al-Kautsar? Berikut Oase.id melansir dari beberapa sumber mengenai surah Al-Kautsar.

Adapun Keutamaan surah Al Kautsar :
1. Mengatasi rasa sedih

Surah Al-Kautsar akan memberikan perasaan ketenangan dengan menghilangkan perasaan sedih yang dirasakan Hamba-Nya. Dengan cara mengamalkan surat ini setelah salat dan Allah akan memberikan banyak nikmat.

2. Bukakan pintu rezeki

Rezeki merupakan salah satu nikmat dari Allah Swt, dengan mengamalkan surah Al Kautsar maka Allah akan membantu membukakan banyak pintu rezeki sehingga yang diperoleh akan lebih banyak dan berkah.

3. Menjadi lebih bersyukur

Mengamalkan surah Al-Kautsar mampu membuat kita sebagai hamba Allah swt untuk lebih bersyukur atas nikmat yang lebih diberikan melalui salat dan berkurban. Lalu dengan ini akan menjadi kita lebih dekat Allah swt. (oase/ACF)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkini