oleh

UMW Dorong Pengembangan Penelitian Melalui Komite Etik

-Edukasi-78 Dilihat

KENDARINEWS.COM–Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, kini terus berbenah, dengan membuat langkah maju, khsusnya dalam pengembangan penelitian di Universitas itu. Bahkan untuk pengembangan penelitian telah dibentuk tim komite etik penelitian untuk mendorong kemajuan penelitian di UMW. 

Rektor UMW Kendari, Dr. Ratna Umi Nurlila mengatakan untuk komite etik penelitian UMW berkaitan dengan bagaimana dari penelitian yang dilakukan itu harus ada kode etiknya. Umumnya dalam kode etik penelitian, berkaitan dengan prodi yang meneliti di bidang kesehatan khususnya bila uji penelitian  menyangkut manusia dan hewan, tentu perlu adanya etika penelitian. 

“Sebelumnya di UMW, dalam  menentukan Komite etik penelitian harus dilakukan di UHO, namun kini kita telah bergerak maju dan membentuk Komite etik khusus di UMW. Bahkan aplikasinya pun telah ada tinggal menunggu lounching, ” kara Dr. Ratna Umi Nurlila.

Dia menjelaskan melalui komite etik penelitian ini diharapkan bisa menaungi penelitian -penelitian yang dilaksanakan di Mandala Waluya. 

“Selama dua hari (29-30 Maret) kita telah gelar kegiatan pelatihan terkait manajemen komite etik penelitian. Jadi manajemennya itu mulai dari IT nya bagaimana proses menelaah naskah sampai bagaimana proses penelitian ini selesai. Disini dilihat prosesnya seperti apa, sistem aplikasinya seperti apa secara online. Itu yang disiapkan secara manajemen,”jelasnya

Kegiatan yang digelar selama dua hari ini turut dihadiri Tim inti dari komite etik penelitian UMW. Bahkan pemateri yang hadir pun  ada yang secara langsung dan ada pula secara online. (rah) 

Ketgam : Rektor UMW, Dr. Ratna Umi Nurlila (kiri) dalam kegiatan kegiatan pelatihan new, SIM dan EPK yang berkaitan dengan Komite etik penelitian yang digelar secara blendid (online dan offline) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed