Pembangunan RSUD Koltim Diproyeksi Habiskan Rp 100 Miliar


KENDARINEWS.COM — Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang baru akan segera direalisasikan. Sistem pekerjaan akan dilaksanakan bertahap mulai tahun 2022 hingga 2024 mendatang. Anggaran yang akan terserap diproyeksi sebesar Rp 100 juta. Plt. Kadis Pekerjaan Umum dan Perhubungan Koltim, Jun Rachmat, mengatakan, tahap perencanaan sudah dilakukan dan rencananya konstruksi struktur dasar dituntaskan tahun ini.

Jun Rachmat

Jun mengaku, lelang perencanaan paling lambat pekan depan akan diserahkan kepada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab Koltim untuk ditayangkan. “Memang perencanaan betul-betul harus matang supaya konstruksinya bisa lebih baik dari rumah sakit daerah yang lain. Rencananya RSUD ini baru tipe C dengan jumlah kamar 100 unit,” kata Jun, Rabu (9/3). Mantan Sekretaris Dinas PU Provinsi Sulawesi Tenggara itu, menjelaskan, setelah lelang perencanaan tuntas maka berkas konstruksi struktur dasar akan diserahkan lagi untuk dilanjutkan. “Kalau pekerjaan konstruksi dasar sudah dianggarkan tahun ini sebesar Rp 9,5 miliar. Rekanan harus berpengalaman mengerjakan kosntruksi rumah sakit sehingga tidak keliru dalam membangun,” tegasnya.

Jun mengaku, pihaknya memproyeksi pekerjaan bangunan rumah sakit sampai finihsing akan menghabiskan anggaran Rp 100 miliar. Lama waktu sekitar tiga tahun dengan pekerjaan dibagi menjadi empat tahap. “Diupayakan tahun 2024 mendatang pekerjaan fisik semua tuntas, sehingga tahun 2025 sudah bisa digunakan. Untuk diketahui, desain RSUD baru akan dibuat konsep terbuka, banyak taman dan kolam ikan,” pungkas Jun Rachmat. (c/kus)

Tinggalkan Balasan