Sungai Meluap, Tiga Kecamatan di Kolaka Terendam Banjir

KENDARINEWS.COM–  Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kolaka menyebabkan sungai yang ada di Kecamatan Watubangga meluap, Senin (7/3). Akibatnya, 10 desa dan kelurahan yang ada di tiga kecamatan Bagian Selatan Bumi Mekongga terendam banjir.

Kapolsek Watubangga, Iptu Harishana mengungkapkan, tiga kecamatan yang terendam banjir tersebut yaitu Watubangga, Polinggona, dan Tanggetada. “Desa yang terendam di Kecamatan Watubangga yaitu Ranoteta, Peoho, Polenga, Wolulu, dan Kelurahan Watubangga. Sedangkan di Kecamatan Polinggona yaitu Desa Pudongi dan Kelurahan Polinggona. Sementara di Kecamatan Tanggetada ada tiga desa yang terendam yaitu Lamedai, Popalia, dan Tondowolio,”bebernya.

Perwira dengan dua balok di pundak tersebut mengatakan, luapan sungai tersebut menyebabkan sejumlah rumah, sawah, serta kebun warga yang ada di tiga kecamatan tersebut terendam banjir. Namun, dirinya belum dapat menyebutkan secara detail jumlah rumah warga dan luas sawah serta kebun yang terendam banjir.

“Ketinggian air itu sampai 60 centi meter. Alhamdulillah saat ini luapan sungai sudah menurun,” ujarnya.

Berdasarkan pantuan di lapangan, Personel Polsek Watubangga langsung turun ke lokasi menolong warga yang terdampak banjir dan membantu mengevakuasi barang-barang berharga milik warga. Tidak hanya itu, Kapolsek Watubangga beserta jajarannya juga terlihat membersihkan saluran air yang tersumbat dan mengatur arus lalu lintas. (fad)

Tinggalkan Balasan