Kendari Kekurangan 641 Tenaga Guru

KENDARINEWS.COM — Keberadaan guru honorer di Kota Kendari cukup membantu. Pasalnya, guru berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) masih jauh dari kebutuhan. Berdasarkan data Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora), Kendari kekurangan 641 tenaga guru.

Kabid Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dikmudora Kota Kendari, Amran berharap formasi guru terus ditambah. Apalagi tenaga guru masih kurang. Untuk mengatasi keterbatasan itu, ada guru yang terpaksa rangkap mata pelajaran.

Amran

“Dengan segala keterbatasan, sekolah harus bisa memberdayakan guru untuk mengambil mata pelajaran lain. Kondisi ini dialami di jenjang setingkat SD dan SMP,” jelas Amran saat ditemui Kendari Pos di ruang kerjanya kemarin.

Untuk SD lanjutnya, Dikmudora butuh sekitar 553 tenaga guru. Rinciannya, 327 guru wali kelas, 94 guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pendais) dan 122 guru pendidikan Jasmani dan Rohani. Sementara guru SMP sebanyak 88 orang.

“Kekurangan tenaga pengajar SMP 88 orang. Yang mana, terdiri dari mata pelajaran bahasa Indonesia 18 guru, Seni Budaya 3 guru, Pendidikan Jasmani dan Olahraga 12 guru. Termasuk guru bimbingan Konseling 55 orang,” rinci Arman.

Keterbatasan tenaga pengajar ini disebabkan, adanya guru yang meninggal dunia, pensiun dan mutasi ke daerah lain. Makanya, pihaknya berharap bisa mendapatkan tambahan formasi guru PPPK. “Semoga teman-teman guru honor bisa mengisi formasi yang kosong,” harapnya.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, Dikmudora terus melakukan terobosan dalam membenahi guru melalui KKG (kelompok Kerja Guru) termasuk seminar.

“Dengan adanya seminar itu dapat membantu untuk meningkatkan kan kompetisi guru apalagi pemateri yang dihadirkan adalah ahli dalam bidang guru,” pungkasnya. (b/m1)

Kekurangan Guru

  1. SD
    327 Guru Wali Kelas
    94 Guru Pendais
    112 Guru Pendidikan Jasmani dan Rohani
  2. SMP
    18 Guru Bahasa Indonesia
    3 Guru Seni Budaya
    12 Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga
    55 Guru Bimbingan Konseling

Tinggalkan Balasan