Revisi RTRW Kota Baubau Dituntaskan Tahun ini


KENDARINEWS.COM — Saat ini, rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kota Baubau, tengah direvisi. RTRW sebelumnya dinilai banyak yang tidak lagi sesuai perkembangan daerah. Selain itu juga perlu penyesuaian dengan RTRW Provinsi Sulawesi Tenggara dan nasional. Jika tak ada kendala, dokumen RTRW yang sudah digodok sejak 2016 lalu, akan dituntaskan tahun ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Baubau, Andi Hamzah Machmud, mengakui, sejak 2016 lalu perubahan RTRW mulai dibahas. Pemkot melakukan peninjauan kembali (PK). Kemudian tahun berikutnya materinya pun disusun hingga hingga terbentuk peta-peta dasar pembangunan daerah. 2019 bahas kajian lingkungan strategis (KLS) dibahas bersama pihak terkait. “Harusnya 2020 lalu kita sudah targetkan tuntas, tetapi karena ada pandemi Covid-19, jadi tertunda. Tapi tahun ini Insya Allah sudah bisa rampung,” katanya, akhir pekan lalu.

Andi Hamzah Machmud

Menurut Andi Hamzah Machmud, dokumen RTRW itu sudah tahap finalisasi dan sedang diajukan ke gubernur untuk dievaluasi. Tahapan berikutnya akan dibawa ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). “Karena Perda yang direvisi itu tidak boleh bertentangan dengan RTRW provinsi dan pusat, sehingga harus mengacu pada keduanya,” tambahnya. Jika sudah mendapat rekomendasi Pemerintah Provinsi dan Pusat, Pemkot akan duduk bersama dengan DPRD Kota Baubau untuk mendengarkan pandangan politik legislatif. Jika ditemui kata mufakat, maka akan dilahirkanlah peraturan daerah.

“Mudah-mudahan prosesnya lancar karena ini sangat penting juga bagi kita sebagai dasar pembangunan ke depan,” tambahnya. Masih kata Andi Hamzah Machmud, jika RTRW yang baru sudah diberlakukan, maka investor akan mudah membaca potensi daerah. Lebih dari itu, pada perhelatan Pilkada ataupun Pilcaleg nanti, para kontestan cukup mudah menyusun visi dan misi pembangunan merujuk para peta daerah yang ada. “Jelas ini demi kepentingan ke depan, bukan hanya investor, tetapi calon pemimpin-pemimpin daerah kita nanti,” pungkasnya. (b/mel/lyn)

Tinggalkan Balasan