oleh

Bantu Kelola E-Warung, Pejuang Muda Kendari Launching Website ewarungbarakati.id

KENDARINEWS.COM–Wabah Covid-19 masih menjadi pandemi ditanah air. Kehadirannya mempengaruhi seluruh sektor pendapatan warga. Termasuk berdampak pada E-Warung. Atas dasar itulah, Team Based Project Pejuang Muda Kendari menghadirkan website ewarungbarakati.id. Hadirnya layanan tersebut untuk memudahkan masyarakat memasarkan produknya.

Kolaborator Pejuang Muda Kendari, Jasman mengatakan, website e-warung dihadirkan untuk membantu masyarakat khususnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial (bansos) pemerintah untuk memperoleh kebutuhan sehari-harinya.

“Jadi KPM itu sebelum kesana (e-warung), mereka bisa request barang melalui website¬†www.ewarungbarakati.id. KPM bisa memperoleh barang yang sebelumnya sudah diupload oleh pemilik e-Warung. Warga juga bisa memproleh produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah,” kata Jasman, Senin (20/12/2021).

Kordinator Pendamping PKH Kota Kendari, Jasman (ketiga dari kanan) bersama Tim Based Project Pejuang Muda Kendari sempatkan foto bersama usai melaunching website e-warung di Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu, kemarin

Tahap awal, website e-warung hanya bisa diakses oleh KPM pada e-warung Barakati Sejahtera yang ada di Kelurahan Watulondo Kecamatan Puuwatu. Kedepan, pihaknya akan mendorong e-warung di kecamatan lain untuk mengadobsi website serupa.

Kordinator Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Kendari ini menambahkan, kehadiran website e-warung selain memudahkan KPM memperoleh kebutuhan sehari-harinya seperti beras dan telur, juga membantu e-warung dari sisi pencatatan. Baik pencatatan mengenai ketersediaan bahan pangan, maupun keluarannya. “Jadi pengelolaannya lebih transparan,” kata Jasman.

Sekedar informasi, Team Based Project Pejuang Muda Kendari melibatkan beberapa mahasiswa dan pemuda di Kota Kendari. Tim ini terbentuk melalui program kolaborasi antara Kementerian Sosial dan Kementeriam Pendidikan (Kampus Merdeka). Para pemuda diminta untuk berperan aktif dalam menggali potensi daerah. Untuk diketahui, kehadiran website e-warung ini adalah yang pertama di Indonesia. (ags)

Komentar

Tinggalkan Balasan