Akhir Agustus, Pembangunan RS Type D Dimulai

KENDARINEWS.COM — Pengerjaan konstruksi Rumah Sakit (RS) Type D bakal dimulai akhir Agustus ini. Proyek yang menelan anggaran Rp 146 miliar ini mengusung konsep minimalis. RS yang dirancang lantai 3 akan didesain lebih memberi kenyaman. Pasalnya, RS ini digagas menjadi ruang perawatan penyakit menular atau pasein terpapar virus seperti covid-19.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan RSUD Type D akan memback up keberadaan RSUD Kota Kendari. Dengan begitu, pemerintah bisa punya opsi jika terjadi pandemi seperti saat ini. Nantinya, RS ini diperuntukkan khusus bagi pasien yang terpapar Covid-19 maupun pasien yang terpapar virus lainnya.

“Kalau kita punya dua RS, kita bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut, bisa kita fungsikan salah satunya untuk menangani penyakit khusus akibat virus dan satunya bisa menanagani penyakit umum,” kata Sulkarnain Kadir.

Ia sengaja mendesain rumah sakit sesederhana mungkin (minimalis). Namun tetap mengutamakan kenyamanan masyarakat yang datang berobat. “Konsepnya minimalis, dekorasi RS dibuat sederhana. Dibuat tiga lantai, satu lantainya dibangun ke bawah. Kebetulan juga pembangunannya di Kawasan Puuwatu di samping Kantor KPU Sultra. Di sana lingkungannya masih asri, masih hijau. Jadi kita akan buat pasien merasa nyaman. Kalau mereka nyaman pasti akan cepat sembuh,” ujarnya.

Selain menambah fasilitas kesehatan (Faskes), hadirnya RSUD Type D diyakini mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekira Rp 20 – Rp 35 miliar setiap tahunnya. “Jadi, selain bisa memberikan pelayanan kesehatan, hadirnya rumah sakit ini menjadi sumber pendapatan baru bagi daerah,” katanya.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kendari La Ode Rajab Jinik menyambut baik pembangunan RSUD Tipe D di Kawasan Puuwatu. Menurutnya, pembangunan penting dilakukan untuk menambah jumlah fasilitas kesehatan (faskes) daerah sehingga bisa melayani masyarakat dengan baik. “Kita dukung dan akan kawal pembangunannya. Ini demi kepentingan dan kebutuhan masyarakat Kota Kendari,” kata Rajab. (b/ags)

Proyek RS Type D
-Anggaran Rp 146 Miliar
-Pengerjaannya Dimulai Akhir Agustus
-Kapasitas 67 Pasien Rawat Inap
-Lokasi Jalan Chairil Anwar, Puuwatu
-Didesain Minimalis Lantai III
-Diestimasi jadi Sumber PAD

Tinggalkan Balasan