Disdukcapil Kendari Lakukan Penyesuaian Penampilan dan Data Adminduk

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Bagi warga metro khususnya kaum hawa yang telah merubah penampilan baik menggunakan atau melepas jilbabnya disarankan mengganti foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el)-nya. Jika tidak, mereka bakalan menemui kendala saat berurusan di bandara atau di imigrasi. Sebab foto di kartu identitasnya harus sesuai dengan penampilannya saat ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kendari mengatakan, penggantian KTP-el penting dilakukan untuk kesesuaian data warga dengan kondisinya saat ini. Itu penting agar tercipta kesesuian antara penampilan dan data administrasi kependudukannya.

Warga yang ingin mengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP-el) tak lagi perlu ke RT/RW mengambil surat pengantar. Cukup membawa KTP lama dan fotokopi Kartu Keluarga (KK), kini bisa langsung diproses. Suasana pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari.

“Harus ada kesesuaian antara foto yang tertera di KTP-el dengan kondisinya saat ini. Ini penting juga karena ada masukan dari pihak Imigrasi dan Bandara bahwa sebaiknya warga yang telah berhijab untuk segera mengganti foto identitasnya. Supaya mudah diidentifikasi petugas,” kata Iswanto Dongge, kemarin.

Selain itu, penggantian foto identitas juga penting dilakukan agar mencegah potensi penyalahgunaan KTP-el. “Misalnya kalau KTP kita hilang, lantas disalah gunakan oleh orang lain. Kan kita yang rugi,” kata Iswanto.

Tidak hanya bagi warga yang sudah berjilbab atau melepas jilbab kata mantan Inspektur Pembantu (Irban) III Inspektorat Kendari, pergantian KTP-el juga diperbolehkan bagi mereka yang kehilangan admininduk tersebut, KTP El-nya rusak, terkelupas atau buram.

“Itu bisa diganti. Syaratnya cukup bawa KTP lama yang hendak diganti disertakan foto kopi Kartu Keluarga (KK) ke Kantor Disdukcapil. Tidak perlu lagi repot-repot urus pengantar di RT atau RW. Datang langsung di sini (Disdukcapil) kemudian petugas kami langsung foto,” ungkap Iswanto.

Ia pun menyarankan bagi warga yang hendak mengganti KTP-el sebelumnya mengambil nomor antrian melalu aplikasi Jaga Kendari (Jari) yang bisa diunduh melalui Google Play Store, atau mengunjungi langsung website jari.kendarikota.go.id kemudian pilih menu “Ambil Antrian”.

“Silahkan registrasi, karena untuk penggantian KTP-el dibatasi. Setiap harinya hanya bisa dilayani sekitar 50 orang. Karena pengurusan KTP Elektronik juga diprioritaskan bagi mereka yang belum memiliki identitas. Dan perli diingat setiap pengurusan administrasu kependudukan tidak dipungut biaya alias gratis,” ungkap Iswanto Dongge. (b/ags)

Disarakan Ganti KTP
-Ubah Penampilan (Berjilbab atau Lepas Jilbab)
-KTP-el Rusak, Terkelupas atau Burang
-Dokumen Adminduk Hilang

Syarat
-Cukup Bawa KTP Lama atau Sertakan Fotokopi KK
-Ambil Nomor Antrian Melalui Layanan “Jari”
-Atau Langsung website jari.kendarikota.go.id dan pilih menu “Ambil Antrian”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *